Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Disbudpar Targetkan PAD Sektor Pariwisata Rp 18,7 miliar

Disbudpar Targetkan PAD Sektor Pariwisata Rp 18,7 miliar

(540 Views) January 14, 2017 11:17 am | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, di tahun 2017 mematok target PAD dari sektor pariwisata sebesar Rp 18,75 miliar, naik 100 persen dari target tahun 2016 yang hanya sebesar Rp 9 miliar.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M Yanuarto Bramuda mengatakan, pelimpahan wewenang penarikan pajak da retribusi sektor pariwisata, antara lain pajak hotel, restauran, tempat hiburan, bagi hasil pengelolaan wisata dan retribusi jasa usaha lainnya dari Dinas Pendapatan kepada pihaknya,  dituntut untuk lebih giat bekerja dalam rangka optimalisasi PAD sektor pariwisata. “Kami menyambut baik pelimpahan kewenangan penarikan pajak dan retribusi daerah, dan ini menjadi tantangan kami untuk mengoptimalisasikan PAD sektor pariwisata” jelas M.Y Bramuda, saat dikonfirmasi Memorandum usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi III DPRD, Jum’at (13/1).

Menurut Bramuda, pengalihan tugas penarikan pajak dan retribusi pariwisata kepada Disbudpar, memotong mata rantai birokrasi sehingga bisa lebih efektif dan efisien. Maka untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelaku pariwisata, pihaknya bersama Bank jatim akan segera menyiapkan sarana prasarana beserta SDM-nya. “Kita minta kepada Bank jatim untuk menempatkan petugasnya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata” jelas Bramuda.

Sementara Ketua Komisi III DPRD, Ir.Basuki Rachmad berpendapat, Asumsi kenaikan target penerimaan PAD dari sektor pariwisata dua kali lipat dari tahun 2016 yang disampaikan oleh Disbudpar dianggap belum sesuai dengan data. “Kalau yang ditargetkan hanya sebesar Rp. 18,7 miliar berarti kenaikannya tidak 100 persen, namun 20 persenan” kata Basuki Rachmad.

Menurut Ketua Partai Hanura Banyuwangi ini, berdasarkan data dari Dinas Pendapatan yang ia miliki. Penerimaan pajak dan retribusi sektor pariwisata tahun 2016 terealisasi sekitar Rp. 15 miliar, dengan rincian diantaranya pajak hotel terealisasi Rp. 4,9 miliar, pajak restauran Rp. 6,8 miliar, pajak tempat hiburan Rp. 1,8 miliar dan dari retribusi jasa usaha lain . Komisi III berharap, asumsi penerimaan pajak dan retribusi dari sektor pariwisata dihitung secara proporsional dan tidak asal membuat target, tanpa melihat data potensi. (ydi/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for Disbudpar Targetkan PAD Sektor Pariwisata Rp 18,7 miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*