Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Direktur PDAM yang Progresif Harus Lolos Seleksi

Direktur PDAM yang Progresif Harus Lolos Seleksi

(358 Views) January 18, 2017 11:10 am | Published by | No comment

Oleh  : Hariyadi

Meski kurang tertarik dengan soal proses seleksi Direktur  Perusahaan Daerah Air Minum mendatang, seperti dikutip dari berita media harian lokal, namun terbesit keinginan Bupati Banyuwangi, direktur PDAM periode selanjutnya orang-orang progresif.

Untuk mendapatkan sosok tersebut, tentu dibutuhkan proses seleksi sesuai dengan ketentuan dan profesional. Artinya syarat-syarat adminitrasi yang diajukan calon direktur, misalnya mengenai pengalaman kerja harus dapat ditelusuri atau diverifikasi dengan benar. Sebab, jika proses seleksi sudah menyalahi aturan, maka kemungkinan hasilnya akan jauh dari harapan. Pemerintah Daerah dituntut untuk terbuka dalam hal seleksi direktur perusahaan daerah air minum.

Berkaca pada proses seleksi direktur PDAM Banyuwangi tahun 2012 yang  dipersoalkan elemen masyarakat, Kala itu mereka menuntut rekruitmen direktur PDAM dihentikan, karena dinilai tidak mematuhi ketentuan Permendagri No. 2 tahun 2007, yang pada akhirnya, rekayasa atau tidak, panitia seleksi  tidak meloloskan seorangpun lolos sebagai direktur utama. Dan selanjutnya Bupati Banyuwangi mengangkat Drs. Ayub Hidayat yang lolos seleksi sebagai direktut tehnik menjadi Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama.

Dampaknya, jika direktur utama PDAM dijabat oleh Pelaksana tugas, tentu hanya memiliki kewenangan terbatas, Pelaksana tugas (Plt) cenderung akan meneruskan kebijakan- kebijakan lama, sehingga PDAM tidak akan mengalami perubahan atau perkembangan signifikan, khususnya menyangkut pelayanan kepada konsumen dan pengembangan PDAM sebagai perusahaan daerah.  Yang menjadi pertanyaan publik, kapan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuka lowongan direktur PDAM ?. (Penulis adalah wartawan Memorandum)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Direktur PDAM yang Progresif Harus Lolos Seleksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*