Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi Pengurus GHIPPA se Banyuwangi Kerjasama Program WISMP dan Pemberdayaan 2017

Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi Pengurus GHIPPA se Banyuwangi Kerjasama Program WISMP dan Pemberdayaan 2017

(1071 Views) September 9, 2016 7:15 am | Published by | No comment
kegiatan-launching-spks-dan-program-wismp

1. Kepala BAPPEDA, Suyanto Waspotondo, Staf Ahli Bupati, Ir, Heru Santoso, Staf Ahli Bupati Bid. Ekonomi, Drs. Ketut Kencanan Nirha Sahputra dan Kepala DPU Pengairan Banyuwangi, DR. Ir. H. Guntur Priambodo, MM
2. Penyerahan materi: Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Sekretariat Pemkab Banyuwangi, Drs. Ketut Kencanan Nirha Sahputra menyerahkan kepada pengurus GHIPPA
3. Kegiatan Launching SPKS dan Program WISMP serta pembekalan emberdayaan GHIPPA untuk Tahun 2017.

Banyuwangi, Memorandum – Ratusan peserta yang terdiri dari Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) mengikuti pelaksanaan launching Surat Perjanjian Kerja Sama (SPKS) kegiatan Konstruksi Partisipatif Rehabilitasi Jaringan Irigasi melalui progam  Water Resources and Irrigation Sector Managemen Progam  (WISMP) dan roadmap pemberdayaan GHIPPA tahun 2016 serta pembekalan kegiatan pemberdayaan GHIPPA tahun 2017 yang digelar oleh DPU Pengairan di Kantor Koordinator Ekploitasi Air Irigasi Wilayah Srono, Banyuwangi, Kamis (8/9).

Kepala Bidang Bina Manfaat dan Kemitraan, Suparlan, mengatakan, kerja sama dan gotong royong antar kelompok maupun masyarakat harus terjalin dengan baik dengan harapan GHIPPA yang berada di beberapa wilayah Banyuwangi dapat berkembang dan terus berkembang dalam tiap tahunnya. Dengan begitu, sistim perairan yang dibangun dan dikelola oleh HIIPPA dapat berjalan dengan baik dan dapat berfungsi mencukupi kebutuhan air untuk pertanian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Dr Ir H Guntur Priambodo, MM., mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk pemberdayaan GHIPPA dan masyarakat agar progam WISMP yang sudah terbangun tidak berhenti, akan tetapi dapat berkembang di tiap tahunnya melalui GHIPPA dengan tahap pertama membangun embung-embung di setiap wilayah. Dan di tahun 2016 sudah terbangun20 embung kecil dengan target bisa mecapai 200 bangunan embung di setiap wilayah agar nantinya bisa mencukupi ketersediaan air dan dapat mencukupi perairan untuk pertanian.

Guntur berharap, dengan dibangunnya 200 embung itu dapat menambah tampungan air. Misalnya, dalam PDRB Banyuwangi ini setidaknya ada 48 persen dari sektor pertanian, dari pendapatan petani sendiri dihitung dari 48 persen dikurangi dengan adanya perkebuan maupun pertanian tersebut bisa berkurang hingga 35 persen. “Jika tampungan air yang kita miliki bisa naik dan tercukupi hingga 20 per 200, nantinya akan meningkatkan PDRB sektor pertanian hingga 2 persen,” ungkapnya.

Sementara ini, masyarkat dan GHIPPA sudah menjalankan progam tersebut, dengan berpartisipasi dan mendukung progam pemerintah melalui swadaya dan membentuk pemberdayaan dan membangun saluran irigasi sendiri, dengan tujuan meningkatkan manfaat dan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah itu sendiri.

Progam tersebut juga diapresiasi oleh pemerintah. Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Sekretariat Pemkab Banyuwangi, Drs. Ketut Kencanan Nirha Sahputra, mengatakan, diharapkan dengan adanya progam pemberdayaan kepada masyarakat seperti ini dapat menambah nilai wawasan serta dapat memaksimalkan progam WISMP yang hingga kini dampaknya bisa dirasakan masyarakat khususnya di sektor perairan maupun pertanian dengan meningkatnya hasil produksi pertanian serta peningkatan income perkapita. (fat/bud/*)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi Pengurus GHIPPA se Banyuwangi Kerjasama Program WISMP dan Pemberdayaan 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*