Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Dinas Koperasi Lakukan Validasi dan Verifikasi Ratusan Koperasi

Dinas Koperasi Lakukan Validasi dan Verifikasi Ratusan Koperasi

(689 Views) August 5, 2016 8:52 pm | Published by | No comment

Alief R Kartiono: 2016 Ada Lima Koperasi Akan Ditutup

Alief Rachman Kartiono, SE.MM

Alief Rachman Kartiono, SE.MM

Banyuwangi, Memorandum – Ratusan Koperasi di Kabupaten Banyuwangi, terancam ditutup, jika selama dua tahun terakhir tidak pernah lagi kelihatan beraktivitas. Berdasarkan data, dari 866 lembaga koperasi di Banyuwangi, ada 134 koperasi yang sudah tidak aktif. Dinas Koperasi UMKM saat ini tengah melakukan validasi dan verifikasi terkait dengan koperasi-koperasi yang pasif tersebut.

Plt Kepala Dinas Koperasi UMKM, Alief Rachman Kartiono, SE.MM mengatakan, 134 koperasi yang bermasalah tersebut, sebagian besar Koperasi Unit Desa (KUD) dan Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Untuk Tahun 2016 ini, dipastikan ada 5 (lima) koperasi yang segera ditutup, salah satunya Koperasi Karyawan Bank Bumi Daya.

“ Lima Koperasi akan kita rekomendasikan untuk ditutup,nama-nama koperasi tersebut akan segera kita umumkan” Ucap Alief R Kartiono saat ditemui Memorandum, Kamis (4/8) di Ruang kerjanya.

Pembubaran koperasi oleh Pemerintah, tentunya melalui mekanisme penelitian terlebih dahulu, tidak serta merta langsung ditutup atau dibubarlkan. Dinas Koperasi UMKM selaku pembina, akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada pengurus koperasi. Jika sampai batas waktu yang telah ditentukan, tidak ada pengurus maupun anggota yang keberatan terhadap pembubaran koperasi. Pihaknya akan segera merekomendasikan kepada Kementerian Koperasi untuk segera menutup, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 1994 tentang pembubaran koperasi oleh Pemerintah dan petunjuk pelaksanaannya.

“Yang berhak menutup Badab Hukum Koperasi adalah Kementerian Koperasi, daerah hanya merekomendasikan” ungkap Alief.

Menurut Alief, Badan Hukum koperasi yang sudah tidak aktif, rawan disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu, contohnya Badan Hukum Koperasinya diperdagangkan atau dijual kepada pemilik modal, sebagai kedok bisnis renternir berbaju koperasi. Selain itu juga digunakan untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for Dinas Koperasi Lakukan Validasi dan Verifikasi Ratusan Koperasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*