Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Dilanda Paceklik, Nelayan Muncar Jual Perabot

Dilanda Paceklik, Nelayan Muncar Jual Perabot

(436 Views) April 4, 2017 5:40 pm | Published by | No comment

– Warga nelayan Pantai Muncar, saat menjual perabotan rumah miliknya. (Memorandum – Siswanto)

Banyuwangi, Memorandum – Warga nelayan pesisir Muncar resah akibat paceklik (sepi tangkapan ikan) sejak 8 bulan belakangan ini. Sepinya tangkapan ikan itu menyebabkan perekonomian menurun, sehingga warga nelayan terpaksa menjual perabotan rumah miliknya dengan harga murah.

Warga nelayan Muncar mulai terlihat menjual barang bekas perabotan rumah tangga itu sejak sejak 3 bulan terakhir ini. Selain itu warga juga menjual barang bekas dipinggir jalan pasar tradisional Muncar. Barang yang dijual itu diantaranya piring, sendok, rantang, kain serta baju bekaspun tak luput ikut dijual juga.

Fadillah, salah satu istri nelayan asal Desa Tembokrejo, mengaku sudah 2 bulan terakhir ini menjual perabotan rumahnya. “Kami menjual perabotan rumah tangga di lokasi pasar. Ini karena persediaan tabungan sudah habis, karena selama kurang lebih 6 bulan suami saya tidak melaut. Mau gimana lagi nak, tabungan sudah habis, perhiasan juga sudah dijual dan di gadaikan untuk memenuhi kebutuhan. Sekarang tinggal ini yang tersisi untuk di jual,” kata Fadillah, Senin (3/4) dengan memakai logat Bahasa Madura.

Nasib yang sama dialami Maisah (64) juga terpaksa menjua barang-barang berharga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sama saja dengan warga lainya. banyak perabotan isi rumah tangga dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Kita berharap agar segera terlepas dari paceklik ini, sehingga warga nelayan bisa mengaiz rezeki dilaut,” harapnya. (swa/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Dilanda Paceklik, Nelayan Muncar Jual Perabot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*