Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Di Banyuwangi, Akta Lahir Dikirim Pak Pos

Di Banyuwangi, Akta Lahir Dikirim Pak Pos

(1195 Views) January 20, 2014 7:54 am | Published by | No comment

BANYUWANGI – Dalam rangka menjadikan one stop service di kantor pelayanan publik, Bupati Abdullah Azwar Anas, Senin (20/1) meresmikan Gedung Pelayanan Administrasi Kependudukan sekaligus kerja sama dengan PT Pos untuk pengiriman Akta Lahir. Gedung yang bertempat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) ini berfungsi melayani seluruh surat kependudukan layanan Dispendukcapil, yang selama ini pengurusannya terpisah-pisah antar ruang.

Gedung Pelayanan kini tampak berbeda dibanding sebelumnya, lebih nyaman dan tertata rapi. Ruangan seukuran 6 x15 meter ini dilengkapi kursi tunggu dan pendingin ruangan. Sehingga masyarakat yang mengantre untuk pengurusan akta kelahiran dan sebagainya tidak lagi berdesakan. “Kalau ruang tunggunya nyaman seperti ini, tidak terasa lama menunggu pelayanan,” kata Siti Haironi, salah seorang pemohon akta kelahiran.

Layanan administrasi yang bisa dilakukan di Dispenduk adalah akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, surat pindah, akta kematian, akta kawin/cerai, dan akta pengakuan/adopsi anak.

Sementara itu, Bupati Anas menyampaikan, satu pintu tidak hanya sistem saja tetapi fisik juga harus diperhatikan, salah satunya dengan gedung baru ini. “Dengan gedung ini, harapan kami bisa meningkatkan layanan one stop service di kantor.  Dulu kantor dan pelayanan jadi satu, sekarang sudah terpisah dan terlihat lebih bersih dan tertata. Harapan  kami di tahun 2014 ini peningkatan service pelayanan menjadi kebutuhan primer bagi pemerintah,” tutur Bupati Anas.

Selain meresmikan Gedung Unit Pelayanan, Bupati Anas juga melakukan MoU dengan Kantor Pos Banyuwangi untuk bekerja sama memberikan pelayanan akta “ Lahir Procot Pulang Bawa Akta” lewat jasa pos. Sehingga program Lahir Procot Bawa Akte, yang baru saja diluncurkan Pemkab benar-benar langsung sampai ke masyarakat dengan cepat melalui jasa Pos. “Ini kebanggaan bagi kami untuk bisa andil mensukseskan Banyuwangi. Kami siap dengan motto delivery service akta kelahiran sampai tujuan,” kata Kepala Kantor Pos Banyuwangi, Eko Sumariyanto.

Teknis pelayanan akta lewat pos ini, kata Bupati Anas, kantor pos akan mendapat kiriman akta dari Dispendukcapil. Selanjutnya, akta tersebut akan dikirim ke Kantor Kecamatan atau Puskesmas sesuai data pengiriman. “Bila jam 10.00 WIB Akta Kelahiran keluar dari Dispendukcapil, pak pos akan langsung mengirimkan ke tujuan saat itu juga. Ini akan memudahkan masyarakat tanpa harus datang ke kota, cukup mengambil di puskesmas atau kecamatannya. Program ini menghemat biaya dan cukup efisien,” terang Bupati Anas.

Sekedar diketahui, saat ini pemohon akta kelahiran yang diterima kantor Dispenduk mencapai 200 pemohon dalam setiap harinya. (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for Di Banyuwangi, Akta Lahir Dikirim Pak Pos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*