Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Demi Kualitas Lebih, Batik Banyuwangi Gunakan Bahan Perwarna Alam

Demi Kualitas Lebih, Batik Banyuwangi Gunakan Bahan Perwarna Alam

(594 Views) March 21, 2016 1:01 pm | Published by | No comment

Memorandum, Banyuwangi – Banyuwangi terus mengembangkan kreasi produksi batiknya. Salah satu caranya dengan melatih 40 pelaku industri kecil menengah (IKM) batik dan pembatik pemula cara membatik dengan warna alam.

Kepala Disperindagtam Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo menuturkan perkembangan industri batik di Banyuwangi terus meningkat seiring dengan perkembangan pariwisata di Banyuwangi. Untuk memberikan nilai lebih terhadap batik Banyuwangi, Disperindag gencar kampanyekan pemakaian pewarna alam lewat pelatihan.

Pelatihan membatik di sanggar Sekar Bakung, Kelurahan Bakungan, Glagah, beberapa waktu lalu, Hary menjelaskan, pewarna alam memiliki banyak keungulan dibandingkan batik warna sintetis. Selain ramah lingkungan, bahan bakunya juga lebih murah. Pewarna alam lebih mudah didapatkan dari lingkungan sekitar dibandingkan warna sintetis yang sebagian besar masih impor.

Pada pelatihan itu, bahan baku pewarna yang digunakan adalah kulit pohon mahoni dan ketapang yang banyak ditemukan di lingkungan sekitar. Pohon Mahoni digunakan untuk menghasilkan warna merah bata sedangkan Ketapang bisa menjadi warna kuning, cokelat dan hitam tergantung bahan pencampurnya. “Warna yang dihasilkan bahan alam memang cenderung lebih soft daripada sintetis yang menghasilkan warna terang. Namun, menghasilkan kesan yang lebih elegan,” kata Hary.

Pada tahun ini, Disperindagtam menggelar 43 pelatihan pemanfaatan potensi bahan lokal. Salah satunya adalah membatik dengan menggunakan pewarna alam. Mengingat potensi agro Banyuwangi yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna, seperti rumput laut, kulit manggis, hingga coklat. (hm/bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Demi Kualitas Lebih, Batik Banyuwangi Gunakan Bahan Perwarna Alam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*