Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Daftar Obyek Wisata Banyuwangi

Daftar Obyek Wisata Banyuwangi

(3513 Views) July 25, 2014 2:46 pm | Published by | No comment

sunriseBanyuwangi adalah kabupaten di ujung paling timur di Jawa Timur kabupaten ini juga mendapat sebutan “sunrise of java”. Wilayahnya cukup lengkap dan beragam, dari daratan rendah hingga pegunungan. Alam banyuwangi termasuk masih alami dan bersih dari pada di daerah lain. Pantai nya pun sangat berpotensi menjadi obyek wisata favorit. Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata alam di Banyuwangi.

Cagar Alam Baluran

 Baluran

    Merupakan cagar alam yang letaknya kurang lebih 35km di utara Banyuwangi yang sebenarnya sudah masuk wilayah Situbondo. Tetapi letak geografisnya yang dekat dengan Banyuwangi yang memudahkan bagi wisatawan untuk menikmati destinasi keindahannya. Di tempat ini merupakan tempat konservasi perlindungan flora dan fauna. sedangkan keunggulan nya sendiri adalah padang rumput (savana) yang luas yang di huni komunitas hewan liar seperti Banteng, rusa dan lain lain. Di tempat ini juga banyak terdapat monyet monyet liar yg berkeliaran bebas menambah daya tarik di saat menikmati keindahan pantai. Di tempat ini juga terdapat menara pengawas dimana pengunjung dapat menaiki nya dan menyaksikan keindahan padang rumput yang luas serta hewan hewan-hewan liar. dari menara ini juga bisa menikmati matahari terbit (sunrise) yang indah dari laut pantai Bama. Di baluran juga memiliki pantai Bama yang eksotis dan masih alami. terdapat hutan bakau yang rimbun di sebagian sisi pantai ini. Pantainya bersih,jernih dan juga dangkal. dengan panorama terumbu karang yang menawan dan keadaan laut yang tenang sangat menyenangkan untuk ber snorkling. Akses menuju tempat ini dari pintu gerbang terbilang cukup jauh dan agak sulit. namun bisa menikmati keindahan hutan belantara dan jika beruntung,bisa bertemu beberapa burung liar seperti Merak dan lain lain.

 Pulau Menjangan

 Pulau yang dikenal sebagai wall diving terbaik di Bali ini memiliki taman bawah laut yang sangat cerah dan penuh warna sekaligus kaya biota laut. Pulau Menjangan dikelilingi terumbu karang yang ditandai dengandrop off  sedalam 60 meter dan formasi batuan yang kompleks. Dengan hamparan pantai berpasir putih dan taman bawah laut beraneka warna, Pulau Menjangan adalah definisi sempurna dari keindahan alam bawah laut Bali bagian Barat. Terletak sekira 10 km di lepas pantai Barat Laut Bali, pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Kata‘menjangan’ dalam bahasa Jawa berarti ‘kijang’/ Rusa. Penamaaan pulau cantik dan mempesona . Pulau Menjangan ni masuk wisata Banyuwangi karena letaknya yang sangat dekat dengan kota Banyuwangi di banding Denpasar Bali. Karena altelnatif lain untuk menuju wisata Pulau Menjangan adalah dari Banyuwangi. Dengan menaiki perahu dari pelabuhan kecil di wilayah Banyuwangi utara. selain itu wisatawan juga bisa mengunjungi Pulau Tabuhan yang tidak kalah indahnya.

Pantai Watu Dodol

     Pantai watu dodol terletak di sebelah utara Pelabuhan Ketapang. Posisi pantai ini sendiri tepat di sebelah jalan raya propinsi. Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang indah sejenak ketika sedang istirahat perjalanan. Di pantai ini terdapat dua land mark, yaitu batu raksasa yang letaknya tepat di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur. Yang ke dua yang baru saja di bangun adalah Patung penari gandrung di bibir pantai. keadaan pantai ini bersih dan indah. airnya biru jernih dengan pasir nya yang di hiasi batu batu (batu dodol) di salah satu bibir pantai. Uniknya di pantai ini juga terdapat mata air tawar yang mengalir ke pantai. dan rasanya tawar dan bisa di minum. Tak jauh dari pantai terdapat bukit yang indah. Jika menyaksikan panorama pantai dari bukit ini maka sungguh jelas indahnya biru laut watu dodol. Di Bukit ini juga terdapat tempat bersejarah yaitu Goa Jepang. Untuk menuju pantai watu dodol tidak sulit karena melewati jalan raya besar.

Pantai Boom

pantai boom Banyuwangi

Pantai yang terkenal dengan ombaknya yang berasal dari pulau dewata Bali ini menjadi salah satu kunjungan terbanyak setiap minggunya. Pantai ini  terletak sangat dekat sekali dengan pusat kota banyuwangi. Tempat ini juga dimanfaatkan sebagai persinggahan kapal-kapal ikan untuk melakukan transaksi jual beli ikan yang datang dari penjuru wilayah di Jawa Timur pada umumnya. Banyuwangi adalah satu dari daerah di Indonesia yang memiliki penghasilan ikan terbesar kedua seluruh Indonesia. Dan yang lebih mengagumkan lagi, ketika berada di pantai boom ini, kita sudah melihat jauh selat Bali dan pelabuhan Gilimanuk Bali.

Agrowisata Perkebunan & Air Terjun Kalibendo

      Tempat ini terletak di Bagian Barat Banyuwangi kira kira sekitar 20km dari kota. tepat pada jalur menuju kawah ijen. Wisata ini terdapat di dataran tinggi sehingga udaranya sejuk dan masih alami. Pemandangan khas nya adalah tanaman Cengkih,karet,kopi dan lain lain. Di Kalibendo juga terdapat sungai yang jernih dan asri yang menjadi tempat favorit pengunjung melepas kepenatan hiruk pikuk kota. di sini juga terdapat Air terjun yang indah dan menjadi tempat favorit anak anak muda untuk berwisata bersama teman temannya. tapi yang jadi daya tarik utama dari tempat ini adalah udaranya yang sejuk dan suasana pedesaan yg masih tradisional. Tentu dengan adanya sungai yang jernih dan dingin menjadi daya tarik tambah buat tempat ini. Sebelum turun menuju sungai pengunjung akan disambut dengan pemandangan Lapangan sepak bola khas pegunungan milik masyarakat kalibendo yang beberapa pengunjung mengatakan mirip lapangan latihan Eropa.

Tamansuruh

      Terletak di sebelah barat Banyuwangi sekitar 15km dari kota. Di kecamatan Glagah desa Tamansuruh. Area Tamansuruh berada satu arah sebelum Wisata Kalibendo. Tamansuruh merupakan wisata alam berupa Pemandian Kolam renang Pegunungan. Tapi tak hanya sekedar kolam renang biasa, keunggulan kolam renang ini menggunakan air yang langsung dari mata air alami. Air nya sejuk (tidak dingin sekali) sehingga membuat siapapun betah berlama lama berenang di kolam ini. tempat ini sangat menyenangkan dengan udara pegunungan yg alami dan asri khas pedesaan. tidak seperti kolam renang yg lainnya yang air nya penuh klorin, air di tamansuruh tanpa ada tambahan klorin. airnya pun terus mengalir tanpa henti sehingga kebersihannya terjamin. boleh di bilang Tamansuruh adalah pelopor pertama berdirinya kolam renang yg alami.

Air terjun Lider

       Lider berada di desa Sumber Arum, kecamatan Songgon banyuwangi. Merupakan air terjun terbaik dan tertinggi di Banyuwangi. Medan untuk menuju tempat ini memang cukup sulit. Melewati hutan dan serta perkebunan yang jalannya belum ter aspal. Tepat sampai di pemukiman warga kita memarkirkan kendaraan kita. Setelah berjalan kaki menuju lokasi air terjun ini ketika sampai di bibir jurang perjalanan belum selesai. Kita akan melewati medan yang sulit dan tebing tebing curam dan terjal yang menemani suasana perjalanan kita. melewati beberapa anak sungai yang lumayan sulit, di tengah perjalan juga terdapat air terjun kecil. Untuk menuju air terjun utama kita bisa melanjutkan perjalanan lagi. Setelah sampai, siap siaplah mata anda terpana akan keindahannya. ketinggian yang sempurna dengan volume air yang besar. Di sisi sisi air terjun utama juga terdapat air terjun kecil kecil yang menakjubkan mata. Untuk menuju tempat ini perlu jiwa berpetualang. Tapi, keletihan saat perjalanan akan terbayar ketika menikmati indahnya air terjun ini tertinggi di Banyuwangi ini.

Pulau Merah ( Red Island)

 pulau merah

      Pulau Merah terletak di daerah selatan Banyuwangi. Pantai Pulau Merah ini sangat gencar dipromosikan wisatanya. Pantai ini begitu indah dengan  ombak yang pas untuk ber surfing ria. Disini juga sering diadakan kejuaraan surfing. bahkan dalam agenda resmi Pemerintah Banyuwangi, di pantai Piulau Merah ini akan rutin diadakan Kejuaraan Surfing Internasional. Di tengah tengah terdapat pulau kecil atau bukit yang tanahnya berwarna kemerahan saat sunset yang karena itu tempat ini di sebut pulau merah. keadaan pantai nya juga masih cukup bersih dengan pasir putih yang mempesona. Tidak akan bosan menikmati tempat ini. Jika senja tiba kita juga bisa menyaksikan sunset yang indah.

Pantai Rajeg Wesi

    Pantai ini letaknya di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran. Jaraknya lumayan jauh dari kota Banyuwangi. untuk menuju pantai ini kita harus melewati daerah perkebunan. Penduduk di sini pun ramah ramah dan akan menyambut para pengunjung dengan sapaan yang hangat. Pantai nya yang Bersih dengan pasir putih yang indah membentang yang di batasi bukit bukit hijau yang indah. Siapapun yang pergi ketempat ini tidak akan merasa bosan. karena pantai ini juga dekat dengan pegunungan, tentu udara disini  tak panas seperti pantai pantai pada umumnya. Ombaknya pun tak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang. Tempat ini juga masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Sukamade 

      Pantai sukamade ini juga termasuk di kawasan Taman Nasional meru betiri. Semua kawasan pantai yang berada di taman nasional Meru betiri adalah pantai selatan. sehingga lautnya masih bersih dan alami karena belum sering di jamah orang. Pantai ini sendiri juga tempat penangkaran Penyu. Namun untuk menuju tempat ini memang butuh jiwa petualang yang besar. jalan yang kita lewati adalah jalan berbatu, kadang juga kita harus menyebrangi sungai. Di kawasan ini layaknya tempat di pedalaman hutan. Semuanya masih asri dan hijau. di sepanjang perjalanan kita juga bisa melihat monyet dan satwa liar lainnya. keindahan pantai yang tenang akan menghilangkan segala kepenatan. Airnya yang hijau dan bening serta pantai yang bersih akan memanjakan mata kita. di tempat ini kita juga bisa belajar tentang penyu karena di sini ada penangkarannya.

Teluk Hijau (Green Bay)

Teluk hijau

         Teluk Hijau berada di kecamatan pesanggaran dan juga masih di kawasan taman nasional Meru Betiri. Dari deretan kawasan Banyuwangi selatan yang bisa di bilang pantai surganya Banyuwangi, yang tidak boleh terlewatkan adalah Teluk hijau ini. Kebanyakan di Taman Nasional Meru Betiri ini tujuan utamanya adalah Sukamade dan Rajeg Wesi. Untuk menuju tempat ini kita melewati jalur yang sama seperti menuju Rajeg wesi ataupun Sukamade. namun Teluk hijau sendiri lebih dekat di banding  dua tempat itu. Pemandangan indah dan menakjubkan jiika di lihat dari atas bukit. tebing tebing tinggi yang hijau serta hempasan ombak dari laut yang bersih. Dengan menyusuri sedikit hutan dan bukit yang naik turun. Pantai utama ada di balik bukit. Panorama alam di sini jauh lebih indah di banding Sukamade atau Rajeg Wesi. pasir yang putih, air yang bening, serta di tengahnya tak jauh dari pantai ada bukit atau pulau kecil. Di salah satu sisinya juga ada batu,entah batu apa itu berwarna kuning kecoklatan. merupakan angel yang pas buat bidikan kameramu. satu lagi kelebihannya. sekitar 20 meter dari pantai ada Air terjunnya. saat musim penghujan maka volume air akan makin deras dn indah. jadi walaupun jauh dari pemukiman, disini tidak perlu susah susah untuk mendapatkan air tawar untuk bilas.

Pantai Plengkung ( G- Land)

 g-land

Pantai Plengkung berlokasi di bagian tenggara Pulau Jawa, berada dalam gugusan pantai selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga Pantai Plengkung termasuk pantai berombak besar. Ombak besar ini dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari selatan (Antartika). Pantai Plengkung juga terletak di sisi timur Teluk Grajagan, maka dari itu sisi kanan Pantai Plengkung memiliki ombak lebih dominan. Ombak Panjang Plengkung berbentuk memanjang, tinggi, dan berkecepatan tinggi. Ombak Pantai Plengkung juga membentuk tabung ombak hampir sempurna sehingga menjadi favorit para penggila olahraga surfing. G-land berada di kawasan taman nasional alas Purwo. tentu perjalanan kita harus melewati alas purwo terlebih dahulu. tempat ini di kelilingi hutan sehingga banyak yang menyebutnya ”surga kesunyian”. saat melewati hutan jati. Sesampai di daerah pancur, warna hutan hujan tropis akan menyejukkan mata sepanjang perjalanan. Disini juga terdapat beberapa resort.

Kawah Ijen

 ijen

      kawah ijen merupakan tempat yang indah di pegunungan kawah ijen. di sini ada suatu kawah , kaldera dan danau hijau yang menakjubkan ada di puncak gunung ini. Tempat ini adalah tempat favorit wisatawan asing di Banyuwangi. Di Kawah Ijen terdapat “Blue fire”, yaitu api biru yang menyembur dari kawah. Fenomena blue fire ini hanya ada dua tempat di seluruh Dunia. yaitu di Banyuwangi dan Islandia. untuk menuju tempat ini di butuhkan juga jiwa petualang. Jalan menuju tempat cukup sulit bila sendirian. Diengan medan yang extrem dan licin. kemiringan tanjakannya juga cukup berbahaya. bagi yang ingin menggunakan mobil, di sarankan pakai mobil monster atau 4wd. Tapi sekarang sudah banyak jasa wisata/tour yang memudahkan menuju wisata kawah ijen.  sesampai di pos kita bisa memarkirkan kendaraan kita dan di lanjutkan dengan tracking atau jalan kaki menuju puncak. memang butuh tenaga extra. tapi semua akan terbayar jika kita sudah mencapai puncaknya. Di sini kita juga bisa melihat aktifitas para penambang Belerang yang penuh resiko. kalu ingin lihat pas malam hari, tentu ijen lebih indah karena cahaya penerangan dari belerang.

Wisata Bedul

wisata bedul

Tempat wisata Mangrove Bedul berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) Desa Sumberasri Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Wisata ini menyuguhkan pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi segara anak. Segara anak merupakan muara sungai yang menghubungkan dengan laut selatan. Di sisi kiri dan kanan segara anak ini dipadati dengan aneka jenis mangrove.

Asal usul nama Bedul konon berawal dari banyaknya ikan Bedul yang ada di daerah sekitar Segoro Anakan Bedul. Ikan Bedul merupakan salah satu jenis ikan Gabus yang memiliki sirip dipungungnya. Sebutan Wisata Mangrove tidaklah berlebihan untk menyebut tempat wisata di pantai Bedul ini. Sebab wisatawan yang berkunjung ke tempat itu akan menjumpai ribuan pohon Mangrove atau bakau. Sejauh mata memandang, hutan mangrove itu menaungi perairan Blok Bedul. Wisatawan bisa mengarungi segara anak dengan berkeliling menggunakan perahu yang disebut ‘gondang-gandung’. Pengunjung dikenakan tarif perahu Rp 5.000 per orang untuk mencapai antar dermaga. Dermaga bagian selatan terhubung dengan hutan TNAP. Pengunjung bisa berjalan membelah hutan sepanjang 800 meter untuk mencapai laut selatan. Saat melintasi  hutan tersebut, pengunjung bisa menyaksikan aneka satwa liar seperti monyet, babi hutan juga rusa. Babi hutan dan rusa kerap melintasi jalan yang ditempuh pengunjung sehingga bisa menjadi atraksi tersendiri.

Itulah beberapa tempat wisata alam unggulan di Banyuwangi. Nantikan postingan wisata Banyuwangi dari kami lainnya. Karena wisata Banyuwangi bukan hanya yang tersebut dalam tulisan ini. (SetiaOne)

Categorised in: ,

No comment for Daftar Obyek Wisata Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*