Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Cuaca Buruk, Nelayan Muncar Takut Melaut

Cuaca Buruk, Nelayan Muncar Takut Melaut

(537 Views) August 6, 2016 7:58 pm | Published by | No comment
Nelayan Muncar jumali bersama warga menunjukkan hasil tangkapan

Jumali bersama warga menunjukkan hasil tangkapan kapal nelayan hendak berangkat melaut

Banyuwangi, Memorandum – Kisah pilu mulai melanda para nelayan di Kecamatan Muncar, Banyuwangi ketika cuaca tidak mendukung. Tingginya ombak, kuatnya arus disertai angin kencang membuat para nelayan kesulitan berlayar mencari ikan di laut. Sepinya hasil penangkapan hingga takut diterjang ombak menjadi salah satu faktor kekhawtiran tersendiri bagi para nelayan.

Cuaca buruk yang diperkirakan berlangsung hingga bulan september ini dipastikan akan berdampak langsung pada sepinya ikan di pasar serta penurunan perekonomian para nelayan. Para nelayan, harus memikir dua kali untuk menghadapi ujian alam ini.

Jumali (49) warga asal Desa Kedungringan Kecamatan Muncar menagatakan, cuaca buruk yang sedang melanda pesisir laut di Banyuwangi selatan ini akan berlangsung hingga bulan september yakni, ombak tinggi disertai angin kencang. Hal ini membuat rata-rata para nelayan menganggur karena cuaca buruk tersebut, apabila dipaksakan melaut akan percuma karena hasil tangkapan dipastikan akan menurun drastis.

Jika dipaksakan melaut saat cuaca buruk, kemungkinaan hasil tangkapan hanya dikisaran satuan kilogram, berbeda jika saat cuaca baik, nelayan akan mendapat hasil tangkapan mencapai puluhan kwintal. Perbedaan ini jelas akan sangat berpengaruh dengan keuntungan para nelayan dalam hitungan perhari.

Contoh saat cuaca baik, sore hari kapal yang berangkat akan diisi 30-40 orang dengan perbekalan  Rp. 300 ribu untuk bahan bakar, Rp 200 ribu untuk konsumsi, esok paginya kapal akan dipenuhi ikan sekira satu ton. Selanjutnya, ikan akan dipasarkan dengan harga Rp.10  ribu – 15 ribu per kilogramnya, dari hasil tersebut bisa dikalikan dan hasilnya akan dibagikan kepada anak buah kapal dan mandor pemilik kapal, ungkap Jumali

Keuntungan satu orang nelayan saat melaut dalam cuaca baik diperkirakan akan mendapat hasil Rp. 1 juta perhari, berbeda dengan kondisi cuaca saat buruk seperti ini, rata -rata para nelayan kemungkinan akan mendapat uang sebesar Rp.20 ribu saja dalam sehari. (fat)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Cuaca Buruk, Nelayan Muncar Takut Melaut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*