Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Catat, Beragam Festival Wisata Siap Digelar di Banyuwangi

Catat, Beragam Festival Wisata Siap Digelar di Banyuwangi

(1359 Views) July 24, 2014 3:58 pm | Published by | No comment

gandrung sewuSaatnya mengagendakan kunjungan wisata ke Banyuwangi. Sebab beragam festival akan digelar di Banyuwangi, Jawa Timur. 

“Kalau dalam waktu dekat, ada Banyuwangi Batik Festival. Nantinya ada pameran UKM batik, cara pembuatan batik,” tutur Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat berkunjung ke kantor Kompas.com, Kamis (24/7/2014).

Banyuwangi Batik Festival akan berlangsung pada 20 September 2014. Ada pula, lanjut Anas, Festival Rujak Soto yang rencananya akan diselenggarakan pada September 2014.

“Ada juga Festival Tumpeng Sewu Kemiren,” ungkap Anas.

Ia menjelaskan di Desa Kemiren ada tradisi selamatan yang sudah berlangsung secara turun temurun bernama Tumpeng Sewu. Masyarakat Using di desa ini memiliki kebiasaan makan tumpeng secara lesehan di depan rumah. Jadi, sepanjang jalan dipenuhi orang-orang makan tumpeng.  

“Ada juga Festival Ngopi Sepuluh Ewu. Nanti ada 10 ribu cangkir kopi,” lanjut Anas. 

Kopi-kopi ini disuguhkan di jalanan kampung-kampung di Banyuwangi. Salah satu komoditi andalan Banyuwangi memang kopi. Rencananya festival ini akan berlangsung pada bulan November.

“Festival Gandrung Sewu nantinya ada 1.000 penari yang akan menarikan tari Gandrung,” kata Anas. 

Ia menjelaskan bahwa festival tersebut ibarat kolaborasi budaya. Sebab, mendatangkan penari-penari dari berbagai desa. Festival ini diagendakan akan berlangsung pada bulan November.

Festival lainnya yang juga menarik antara lain Seblang Bakungan di bulan Oktober, International Tour de Banyuwangi Ijen di bulan Oktober, Banyuwangi Ethno Carnival di bulan November, dan Banyuwangi Jazz Festival di bulan Desember. KOMPAS.com 

No comment for Catat, Beragam Festival Wisata Siap Digelar di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*