Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

(197 Views) September 3, 2019 10:32 am | Published by | No comment

cara membuat email dengan domain sendiri

Memiliki email yang profesional untuk urusan bisnis, bisa turut mendongkrak TRUST atau kepercayaan pada suatu institusi usaha, baik dalam tataran individu maupun perusahaan.

Bahkan bisa dikatakan, email yang kredibel saat ini sudah menjadi kebutuhan dan keharusan. Karena sudah umum dilakukan, untuk urusan surat-menyurat orang-orang lebih memilih menggunakan media email.

Ada Gmail, Yahoo Mail, Hotmail, dan lain sebagainya. Mereka menyediakan fasilitas email secara gratis.

Ternyata alamat email tidak hanya semata-mata alamat email.

Apakah Anda pernah memperhatikan ada beberapa perusahaan yang memiliki alamat email menggunakan nama domain perusahaan mereka?

Contoh:

  • admin@ptmajumakmur.com
  • cs@bisniskeren.com
  • sales@tokoada.com

Bagaimana kesan yang ditimbulkan? Lebih profesional ya…

Cara Membuat Email Menggunakan Custom Domain

Sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya, kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk bisa memiliki akun email seperti contoh di atas?

  • Domain dan Hosting.
  • Koneksi internet yang stabil.
#1 – Domain Dan Hosting

Dua hal ini adalah syarat utama. Selain domain, Anda juga harus punya hosting. Karena dua elemen ini adalah dua hal yang tidak terpisahkan apabila kita berbicara mengenai website maupun email.

#2 – Koneksi Internet Yang Stabil

Saat proses pembuatan akun email dengan domain sendiri ini, kita juga butuh koneksi internet. Tidak harus kencang, yang penting stabil. Anda bisa gunakan internet wifi yang tersedia di rumah, tethering menggunakan smartphone, pergi ke warnet, ke wifi corner, atau kemana pun yang penting bisa terhubung dengan internet.

Cara Membuat Email Di Hosting CPanel

FYI, pada hosting yang menggunakan CPANEL, selain banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk mengelola hosting, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat email menggunakan domain sendiri (istilah lainnya—email custom domain).

Nah, lalu pertanyaannya adalah, bagaimana cara membuat email di cPanel ini? Bukankah hosting cPanel itu hanya bisa digunakan untuk membuat website ya?

Ini dia, berikut adalah langkah-langkah cara membuat email dengan domain sendiri :

  1. Pertama-tama Anda harus login ke cPanel terlebih dahulu. Caranya, ketik – http://domainanda.com/cpanel (ganti “domainanda.com” dengan nama domain Anda sendiri).
    cara menambah domain
  2. Cari kolom Email, dan klik menu E-Mail Accounts.
    cara membuat email dengan custom domain
  3. Isi dan lengkapi form halaman tersebut
    cara membuat email dengan custom domain

    • E-mail : silahkan diisi dengan e-mail yang akan dibuat. Misal Anda ingin membuat email dengan alamat budi@domainanda.com, isi dengan “budi” saja (tanpa tanda petik).
    • Domain : pilih opsi nama domain yang akan digunakan (jika domain yang ada pada akun hosting tersebut lebih dari satu).
    • Password : isi dengan password dari e-mail account yang ingin dibuat, lalu isikan lagi password yang sama pada isian “Password (Again)”.
      *Password strength secara otomatis akan mengukur tingkat kesulitan password yang Anda buat. Semakin tinggi nilainya, semakin aman password Anda.
    • Mailbox Quota : isi dengan kapasitas email yang dikehendaki.
      *Mailbox quota harus disesuaikan dengan total kapasitas account hosting yang Anda miliki. Saran, jangan gunakan opsi Unlimited, kolom isian ini harus tetap diisi, tujuannya untuk memudahkan kita mengkontrol penggunaan kapasitas email pada hosting.
  4. Klik tombol Create Account.
  5. Akan muncul halaman berikutnya dengan keterangan “Account Created” yang artinya account email telah berhasil dibuat.
  6. Sebagai tambahan, ada baiknya aktifkan fitur Apache SpamAssassin, tujuannya untuk menangkal email spam yang akan masuk ke akun kita.
  7. Selanjutnya Anda dapat mengakses e-mail tersebut menggunakan WebMail, Thunderbird, atau Outlook, tergantung pilhan Anda.
  8. Untuk mengakses email menggunakan webmail, silahkan akses ke http://namadomain.com/webmail, lalu masukkan alamat email yg telah dibuat (misal : budi@namadomainanda.com – harus lengkap dengan @namadomainanda.com), beserta password yang tadi Anda submit.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, seharusnya Anda sudah bisa memiliki akun email menggunakan domain milik Anda sendiri.

Cukup mudah bukan? Tidak sampai 30 menit, jika dilakukan dengan benar.

Cara ini cocok sekali bagi Anda yang sebelumnya sudah memiliki hosting dan domain, kemudian ingin membuat email untuk perusahaan maupun email pribadi menggunakan domain dan akun hosting yang sudah Anda miliki tersebut.

# PLUS: Cara ini praktis dan tidak mengeluarkan biaya ekstra, karena sudah tercover oleh layanan hosting cPanel. Bisa membuat akun email sebanyak-banyaknya, limit ada di besaran kapasitas hosting yang disewa.# MINUS: Pengelolaan email tergabung menjadi satu dalam storage akun hosting, sehingga apabila server hosting down atau resource berlebih yang dikarenakan oleh aplikasi dalam akun hosting tersebut, maka transaksi email bisa terganggu, sehingga tidak jarang email yang dikirim maupun diterima mengalami delay.

Categorised in:

No comment for Cara Membuat Email Menggunakan Domain Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*