Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » CARA KERJA ATM SAMSAT JAWA TIMUR

CARA KERJA ATM SAMSAT JAWA TIMUR

(2167 Views) July 12, 2014 12:51 pm | Published by | No comment

Samsat jawa TimurCara kerjan ATM Samsat ini sederhana. Pertama-tama, pembayar pajak tahunan kendaraan bermotor harus memiliki kartu ATM Samsat Jatim yang bisa didapat di Samsat Jawa Timur. Setelah mendapat kartu tersebut, saat mau membayar pajak tinggal datang ke ATM.

Setelah kartu dipindai, maka di layar muncul panduan memasukkan data yang bisa dilakukan pemegang kartu elektronik. Pembayaran dilakukan di mesin yang sama. Setelah itu, tinggal memasukkan STNK ke dalam mesin tersebut, yang secara otomatis meng-emboss dan mengesahkan STNK yang ada. Semua proses itu bisa dilakukan dalam waktu tidak lebih dari dua menit.

Ketua Pembina Samsat Jawa Timur Ahmad Sukardi menguraikan terobosan pelayanan pembayaran pajak melalui ATM bertujuan memberi kemudahan bagi masyarakat. “Masyarakat diberi pilihan layanan sehingga memberi kemudahan,” jelasnya di sela-sela peresmian ATM Samsat Jatim di Grand City Mal Surabaya. Sukardi yang juga Sekretaris Daerah Jatim ini menambahkan layanan ATM melengkapi terobosan pembayaran yang sudah ada sebelumnya, seperti e-samsat Jatim, samsat corner, samsat keliling, dsb.

Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono dalam sambutan tertulis menilai ATM Samsat Jawa Timur memberi kemudahan bagi masyarakat. “Terlebih proses pembayaran hanya perlu 3-5 menit,” ujarnya seperti dibacakan Wakapolda Jatim Brigjen Pol Suprodjo WS.

Terobosan penyediaan mesin pelayanan mandiri dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor tersebut juga tercatat sebagai rekor MURI. Samsat Jatim dinilai sebagai lembaga pertama yang menggunakan ATM berbasis teknologi dan pelayanan mandiri dalam pembayaran pajak.

10 TITIK LAYANAN ATM SAMSAT JATIM

Kepala Bidang Pajak Pendapatan (Dispenda) Provinsi Jatim Aris Sunarya mengatakan, pada tahap awal layanan ATM Samsat Jatim akan diberikan di 10 titik yang tersebar di tiga kota, yakni Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Di Surabaya, layanan ATM Samsat Jatim dapat ditemui di Samsat Surabaya Timur atau Samsat Manyar), Samsat Surabaya Selatan, Samsat Surabaya Utara, Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan, Kantor Mapolda Jatim Jalan A Yani, Galaxy Mall, Pakuwon Trade Center (PTC), dan Royal Plasa. “Untuk Sidoarjo, layanan diberikan di kantor Samsat Sidoarjo, sedangkan di Gresik, layanan diberikan di Samsat Gresik,” ujarnya.

Pertimbangan dipilihnya pusat pembelanjaan sebagai tempat ATM Samsat Jatim, menurut  kata Aris karena disana banyak dikunjungi oleh wajib pajak. Selain itu, para pengunjung mall dinilai terbiasa melakukan transaksi secara online.

Mudah-mudahan untuk Banyuwangi tidak menunggu terlalu lama lagi sudah bisa direalisasi, sehingga warga Banyuwangi juga bisa menikmati layanan ATM Samsat ini.

(Berbagai sumber)

Categorised in:

No comment for CARA KERJA ATM SAMSAT JAWA TIMUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*