Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Cagar Budaya Banyuwangi Dirobohkan

Cagar Budaya Banyuwangi Dirobohkan

(1004 Views) January 28, 2016 11:55 am | Published by | No comment

Akan Dibangun Restoran Mewah

Banyuwangi, Memorandum – Rencana akan didirikannya 3 hotel bintang pada tahun 2016 ini, menunjukkan bahwa geliat industri pariwisata Kabupaten Banyuwangi mulai berkembang pesat. Selain ketiga hotel tersebut, ada beberapa restoran mewah yang rencananya juga akan dibangun di Banyuwangi.

Bangunan Kuno Banyuwangi

Bangunan Kuno eks ‘Kantor Kuning’, sudah rata dengan tanah

Namun demikian, pembangunan sarana-prasarana penunjang pariwisata tersebut masih cenderung mengabaikan keberadaan peninggalan kuno yang seharusnya bisa dibenahi dan dijadikan sebagai ‘cagar-budaya’. Salah satunya adalah sebuah bangunan kuno yang terletak didepan Kantor PLN (sebelah timur Pom Bensin), yang sudah diratakan dengan tanah.

Informasi yang dihimpun Memorandum, bangunan kuno yang dibangun pada awal-awal Tahun 1900-an atau pada masa penjajahan Belanda itu oleh masyarakat sekitar dikenal dengan sebutan ‘Kantor Kuning’. Bangunan kuno yang seharusnya masuk dalam kategori ‘Cagar Budaya’ itu juga pernah sebagai Kantor Bank Exim. Kini, peninggalan kuno tersebut sudah dibongkar dan sudah rata dengan tanah. Kabarnya, diatas lahan bekas ‘Kantor Kuning’ itu akan didirikan sebuah restoran mewah dengan menu makanan luar negeri.

“Eman ya Mas. Padahal bangunan itu sudah ada sejak Jaman Belanda dulu. Bahkan sebelum saya lahir banguna itu sudah ada. Katanya sih, mau dijadikan restoran,” kata Karti (78), seorang warga Lingkungan Kampungujung, Kepatihan, saat ditanya tentang bangunan kuno tersebut.

Dikonfirmasi masalah tersebut, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda, mengatakan, memang tidak mudah untuk mempertahankan bangunan-bangunan kuno bersejarah.

“Sudah saya katakana, tidak mudah mempertahankan bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Kolonial. Apalagi, banyak bangunan bersejarah yang sudah menjadi milik perorangan. Butuh kerja keras banyak pihak. Pihak Disbudpar kini masih dalam proses inventarisasi untuk menentukan mana yang masuk cagar budaya dan mana yang tidak,” kata Bramuda, kepada Memorandum, Rabu (27/1) kemarin. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Cagar Budaya Banyuwangi Dirobohkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*