Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » Bupati Tutup Pelatihan PNPM-MPd

Bupati Tutup Pelatihan PNPM-MPd

(843 Views) February 13, 2014 8:22 am | Published by | No comment

BANYUWANGI –  Bupati Abdullah Azwar Anas menghadiri penutupan Pelatihan Kelembagaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan (MPd), di auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes), Kamis (13/2). Bupati didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM PD) Peni Handayani serta Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra, Wiyono.

Kepala BPM-PD Peni Handayani menyampaikan, pelatihan PNPM-MPd diikuti oleh 457 orang yang antara lain terdiri atas perwakilan SKPD, Camat, Kepala Desa serta seluruh pelaksana teknis PNPM di lapangan. “Pelatihan ini memfokuskan pada optimalisasi peranan PNPM-MPd  dalam perencanaan dan pengelolaan pembangunan daerah berbasis pemberdayaan masyarakat pada bidang pendidikan dan kesehatan,” ujar Peni.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan, menurut Peni, salah satunya untuk merefleksikan peran, tugas dan tanggung jawab pelaku PNPM-MPd sebagai agen of change terhadap pembangunan di masyarakat secara partisipatif. “Selain itu pelatihan dilakukan untuk mengintegrasikan proses kegiatan perencanaan PNPM-MPd ke dalam proses perencanaan pembangunan reguler secara efektif,” ungkap Peni.

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas memberikan apresiasi atas kegiatan pelatihan tersebut. Terutama pelatihan memfokuskan peranan PNPM-MPd pada bidang pendidikan dan kesehatan. “Kami berharap program PNPM-MPd dapat berperan dalam memberantas buta huruf yang masih ditemukan di beberapa wilayah di Banyuwangi,” kata Bupati Anas.

Bidang pendidikan, lanjut Bupati,  memang tengah menjadi fokus utama perhatian pemerintah kabupaten saat ini.  Karena pendidikan merupakan modal utama menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. “Untuk mengejar ketertinggalan, kita harus melakukan lompatan besar. Alhamdulillah usaha kita untuk menghadirkan Universitas Negeri Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi segera terwujud,” ungkap Bupati.

Selanjutnya Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelaku PNPM-MPd atas peran sertanya dalam membangun daerah. “Banyuwangi akan semakin maju jika kita bekerja bersama,” pungkas Bupati. (Humas&  Protokol)

Categorised in:

No comment for Bupati Tutup Pelatihan PNPM-MPd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*