Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Bupati Sampaikan Surat Teguran ke Tambang Emas

Bupati Sampaikan Surat Teguran ke Tambang Emas

(604 Views) August 23, 2016 3:05 pm | Published by | No comment

Bupati Tegus BSI

Banyuwangi, Memorandum – Kedatangan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, di kantor PT Bumi Sukses Indo (BSI) sempat dihadang warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Senen (22/8).

Pemicunya kekecewaan, warga karena hancurnya wisata Pulau Merah dan masuknya lumpur kesejumlah rumah warga, yang terletak dibawah lereng gunung Tumpangpitu, berjaran 300 meter dengan kantor PT. BSI.

Kunjungan kerja Bupati Abdullah Azwar Anas di Perusahaan Pertambangan Emas PT BSI, hanya berjalan 30 menit. Dalam kunjungan kerja kali ini, Bupati Banyuwangi hanya menyerahkan surat teguran terhadap PT BSI. Surat teguran yang diberikan Bupati, itu diterima langsung pihak Direktur PT BSI, Cahyono Seto.

Beruntung aksi penghadangan itu tidak sampai berjalan lama, warga bisa dinegosiasi oleh anggota Polsek Pesanggaran, Ipda Lipur, dan memberikan jalan kepada rombongan Pemkab Banyuwangi. Bahkan wartawan tidak  berhasil mewawancarai.

Terpisah, Suyitno, pengelola Wisata Pulau Merah, mengatakan luapan lumpur yang menggelamkan wisata pulau merah dan pemukiman warga sekitar tambang. Penebangan pohon dikawasan hutan gunung Tumpangpitu, jadi pemicu longsornya lumpur dan berdampak mencemari air laut pulau merah.

Direktur PT BSI, Cahyono Seto ditemui terpisah menjelaskan bahwa lumpur yang melanda wisata pulau merah itu diakibatkan hujan deras yang mengguyur Pesanggaran Banyuwangi beberapa hari sepekan ini.

Seto, tegas menyangga, kalau lumpur akibat kegiatan tambang emas di gunung Tumpangpitu, Pesanggaran Banyuwangi.

“Memang itu faktor cuaca exstrim dan curah hujan yang tinggi, bukan disebabkan PT BSI. Tambahnya lagi PT BSI sudah mengalami proses produksi disamping itu pihak perusahaan tidak menggunakan air bawah tanah (sumber). Melainkan mengandalkan air hujan yang ditampung di dam yang sudah dibangun pihak PT BSI,“ ucapnya Seto.

Bupati Anas menegaskan, surat teguran kepada BSI sudah diantarkan langsung. “Sudah surat sudah disampaikan,” ungkapnya. (swa/coi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Bupati Sampaikan Surat Teguran ke Tambang Emas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*