Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » Bupati Anas Gagas Pramuka Bikin Komunitas Jazz

Bupati Anas Gagas Pramuka Bikin Komunitas Jazz

(1318 Views) September 2, 2014 5:44 pm | Published by | No comment

pramuka banyuwangi

BANYUWANGI – “Bagaimana ekskul pramuka aktif dan banyak peminatnya Pak? Pramuka selama ini kurang menarik, sebab kesannya jadul banget sih, Pak.” Pertanyaan ‘menggelitik’ ini dilontarkan Aryo Darto kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam acara Temu Tegak Dega Banyuwangi 2014, yang digelar di Tenis Indoor GOR Tawang Alun, Selasa (2/9).

Bukannya tertawa seperti peserta, pertanyaan dari siswa SMA Pesanggaran tersebut justru ditanggapi serius Bupati Anas. Pramuka di era sekarang, kata Bupati Anas, memang harus dibuat semenarik dan sekreatif mungkin aktivitasnya. Biar tidak membosankan, anggota pramuka harus bisa menciptakan kegiatan yang memang bermanfaat dan sesuai jamannya. Salah satunya membentuk komunitas-komunitas musik jazz.

“Pramuka ini perlu dikemas semenarik mungkin. Kalau perlu bikin komunitas jazz untuk anak-anak pramuka. Komunitas jazz di sini kan masih jarang, padahal di satu sisi, kita setiap tahun ada Banyuwangi Jazz Festival,” kata Bupati Anas.

Mendengar apa yang digagas bupatinya, sekitar 1.700 pramuka Penegak dan Pandega ini langsung bertepuk riuh dan menyambutnya dengan antusias.

Melihat antusiasme yang tinggi tersebut, bupati pun langsung memerintahkan Dinas Pendidikan yang turut hadir saat itu segera mencari bibit pemain jazz muda. Karena, Bupati Anas yakin di antara ribuan anak tersebut pasti ada talent muda yang siap dikembangkan.

“Bulan depan harus sudah terbentuk ya, Pak Dwi (Plt Kepala Dispendik). Saya janji, kalian akan kita sediakan panggung khusus untuk menunjukkan bakat-bakat. Akan kita festivalkan lewat berbagai event, mulai dari Festival Jazz Tengah Sawah hingga  Festival Jazz Kopi,” janji Bupati Anas.

Selain menggagas ide kreatif pada ribuan anggota Pramuka tersebut, Bupati Anas juga memotivasi siswa tentang pentingnya menjaga pergaulan. “SMA itu adalah masa yang indah. Sebagai masa transisi menuju kuliah, jika kita menemukan pergaulan yang keliru, maka sepintar apa pun, kelak kita akan jatuh,” tutur Bupati Anas yang memimpin Banyuwangi sejak 2010 itu.

Mencari komunitas yang baik, kata Bupati Anas, adalah kewajiban. Saat ini banyak anak muda yang kiprahnya sangat inspiratif, namun tak sedikit pula yang melakukan kejahatan di usia muda.

“Bagi saya, pramuka adalah komunitas yang perlu terus dipertahankan. Dengan nama besar pramuka, mulai sekarang maka anggota pramuka wajib melakukan hal-hal yang tidak hanya bermanfaat, namun juga sesuatu yang sifatnya kreatif,” pungkas Anas.  (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for Bupati Anas Gagas Pramuka Bikin Komunitas Jazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*