Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Bulog Siap Serap Beras Petani Sebanyak 60 ribu Ton

Bulog Siap Serap Beras Petani Sebanyak 60 ribu Ton

(375 Views) January 18, 2017 11:15 am | Published by | No comment

– Kepala Bulog Banyuwangi, R Gunadharma saat menunjukan stok dan kualitas beras kepada awak media. (Memorandum – Hariyadi)

Banyuwangi, Memorandum – Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre IX Banyuwangi menargetkan tahun 2017 mampu melakukan pengadaan beras dengan menyerap panen petani lokal sebanyak 60 ribu Ton, ada kenaikan target dibanding tahun 2016 yang hanya 55 ribu Ton. “Ada kenaikan target dibanding tahun 2016 yang hanya 55 ribu Ton,” kata Kepala Bulog Sub Divre IX Banyuwangi, R Gunadharma, saat ditemui Memorandum, Selasa (17/1).

Gunadharma merasa optimis pengadaan beras petani pada tahun ini tercapai, hal tersebut dilihat dari relisasi serapan beras tahun 2016 yang mencapai 63 ribu Ton atau sebesar 124 persen. Kemudian untuk penyaluran, Bulog, tahun 2017 masih diberi kewajiban untuk menyalurkan rastra (Beras Sejahtera) kepada rakyat sebanyak 1.900 Ton per bulan. Selain beras sejahtera, Bulog diwajibkan menyediakan Beras Cadangan Pemerintah (BCP) sebanyak 100 Ton per tahun untuk dikelolah oleh pemerintah daerah. “ Beras cadangan Pemerintah itu digunakan untuk antisipasi bencana alam, rawan pangan yang menjadi kewajiban pemerintah kabupaten,” jelasnya.

Untuk pengadaan beras tahun 2017, terkait dengan kualitas beras juga mengalami perubahan. Jikan tahun 2016 Bulog fokus pada beras medium, maka untuk tahun 2017 ada tiga komoditi kualitas yakni beras medium, medium plus dan premium. “Masyarakat bisa memilih beras kualitas apa yang diinginkan, tetapi untuk penyaluran beras sejahtera atau beras untuk cadangan pemerintah mengunakan beras standart medium,” ungkapnya.

Untuk harga beras medium, Bulog menjual dengan harga Rp. 7.500 hingga Rp 7.900 per Kilogram tergantung harga pasar, sehingga Bulog akan membeli beras petani seharga Rp. 7.300 per Kilogram. Diakhir wawancaranya Gunadharma menyatakan kondisi stok beras di kabupaten Banyuwangi, aman untuk 16 bulan kedepan. (ydi/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for Bulog Siap Serap Beras Petani Sebanyak 60 ribu Ton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*