Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » BPMPD Gelar Lomba Desa

BPMPD Gelar Lomba Desa

(496 Views) June 28, 2016 6:43 pm | Published by | No comment

BPMPD Gelar lomba desa

Banyuwangi, Memorandum – Desa-desa di Banyuwangi unjuk kebolehan lewat agenda lomba desa dan kelurahan yang diadakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kab. Banyuwangi. Sesuai jadwal, Senin (27/6) kemarin penjurian dilakukan terhadap Desa Singolatren, Kecamatan Singojuruh. Penilaian meliputi sosialisai sampai hingga tekhnis pelaksanaan.

Kepala Desa Singoltren, Apandi, mengaku, sangat mendukung dengan adanya lomba desa seperti ini. Menurutnya, setidaknya hal ini akan memotifasi kinerja perangkat desa untuk mendukung peningkatkan pembangunan, pelayanan hingga sosialisasi tatap muka antar masyarakat yang tinggal di desa.

Dalam lomba kali ini diakui, ada beberapa tips kesehatansupaya Desa Singolatren bisa terpilih menjadi desa percontohan dan masuk kategori desa cepat berkembang beberapa indikator penilaian dalam lomba tahun iniseperti peningkatan sarana infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keamanan, kesejahteraan masyarakat hingga identifikasi produk unggulan yang dapat menjadi ciri khas Desa Singolatren.

Identifikasi tersebut didasari dari evaluasi dan inisiatif masyarakat untuk menciptakan produk unggulan seperti geseng sebagai makanan khas, trasi, dan kerajinan kulit ular. “Kita berharap hal ini dapat menarik minat wisatawan asing maupun lokal untuk singgah di Desa Singolatren sebagai jujugan baru,” kata Apandi.

Diakuinya, sampai hari ini di Desa Singolatren masih belum punya ikon wisata alam sebagai jujugan wisata. “Kami akan terus mengevaluasi dan identifikasi mana-mana yang dapat bisa dimanfaatkan sebagai prioritas unggulan Desa Singolatren sehingga dapat menunjang peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Camat Singojuruh, Nanik Machrufi, dalam sambutannya menyampaikan, masyarakat maupun pemerintah desa harus punya ide-ide cemerlang supaya desanya mampu meraih juara satu kategori desa cepat berkembang. Namun, jangan pada saat akan digelar Kegiatan lomba desa saja, akan tetapi setiap hari masyarakat harus bisa mampu berkembang guna mendukung peningkatan yang ada di desanya.

Selain Kepala Desa dan Camat Singojuruh, kegiatan ini juga dihadiri, BPD,LPMD, PKK, Karang Taruna, Babinsa, Babinkaptibmas dan tim juriyang terbagi dari kesehatan, pemerintahan, pendidikan, desa siaga, serta BPMPD. (fat)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in: ,

No comment for BPMPD Gelar Lomba Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*