Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » BPF Suguh Potensi Wisata Sampai Komoditi Perkebunan

BPF Suguh Potensi Wisata Sampai Komoditi Perkebunan

(644 Views) October 5, 2015 1:50 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memo – Pemda Banyuwangi garap potensi Perkebunan untuk kepentingan wisata mau pun pasar komoditi perkebunan. Dikemas Banyuwangi Plantation Festival (BPF) bertempat di Kalirejo, Glenmore, Minggu (4/10).

“Kita ingin potensi itu bisa terangkat dan dikemas. Bukan sekadar untuk dipasarkan, namun juga sebagai peluang untuk menarik wisatawan,” kata Bupati disela acara itu.

Areal perkebunan, jelas Anas, seluas 82.143,63 hektare. Komoditasnya beragam, mulai kopi, kelapa kopra, kelapa deres, tembakau, kakao, tebu, cengkih, karet, vanili, abaca, kapas, dan kapuk randu. “Sudah ada ekspor hasil kebun asal Banyuwangi,” ungkapnya.

Anas mengatakan, festival ini digelar sejalan dengan konsep ekoturisme yang dikembangkan oleh Banyuwangi, sebuah konsep pengembangan pariwisata yang mengandalkan potensi alam dan budaya lokal dengan melibatkan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Ikrori Hudanto mengatakan dalam festival perkebunan ini nanti para pengunjung akan ditunjukkan berbagai produk komoditas hasil perkebunan dan aneka makanan dan minuman maupun produk barang jadi hasil olahannya.

Selain, kata dia, juga akan dipertontonkan bagaimana pengolahan hasil perkebunan, misal pembuatan gula merah, cokelat, dan cara menyadap karet.

Industri Gula Glenmore (IGG) milik BUMN memamerkan proses pembuatan gula dan pemanfaatan limbah tebu.

Tidak ketinggalan kegiatan yang paling menarik dan pasti akan disukai para pengunjung, yaitu pesta minum kopi dan cokelat gratis. Festival juga akan dilengkapi dengan berbagai pameran potensi daerah lainnya, seperti pameran kehutanan, ternak, dan hortikultura.

Festival perkebunan ini akan diikuti sejumlah peserta mulai dari Gabungan Perusahaan Perkebunan (GPP), Industri Gula Glenmore (IGG), Perhutani, Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Ijen, Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alas Purwo. Ada juga Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit Koka), Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). (coi/int)

Sumber : Koran Harian Memorandum Jawa Timur

Categorised in: ,

No comment for BPF Suguh Potensi Wisata Sampai Komoditi Perkebunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*