Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Biarkan Kami Hidup Tenang Tanpa Pertambangan

Biarkan Kami Hidup Tenang Tanpa Pertambangan

(881 Views) March 20, 2016 8:10 am | Published by | No comment
Eny Ernawati, warga Dusun Pancer yang ikut aksi pemogok makan

Eny Ernawati, warga Dusun Pancer yang ikut aksi pemogok makan

Banyuwangi, Memorandum – Aksi mogok makan yang dilakukan warga Desa Sumberagung, Pesanggaran, sudah memasuki hari ke 4. Menyusul salah satu peserta mogok makan yang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami drop, Kamis (17/3) lalu, warga Pesanggaran yang bergabung dalam aksi tersebut justru bertambah. Sabtu (19/3) kemarin, 5 orang ibu rumah tangga asal Dusun Pancer, Desa Sumberagung, datang bergabung untuk turut melakukan mogok makan. Salah satunya adalah Eny Ernawati (28), warga Dusun Pancer RT 01 RW I, Desa Sumberagung. “Saya bergabung disini atas kehendak saya sendiri. Suami dan anak saya mendukung apa yang saya lakukan ini,” ungkapnya kepada Memorandum.

Disinggung tentang apa yang diinginkannya melalui aksi mogok makan, dengan lugas Eny mengaku, sejak adanya aktifitas penambangan di Gunung Tumpangpitu, dia dan keluarganya selalu terancam dengan dampak yang akan ditimbulkan oleh aktifitas pertambangan. “Sebelum adanya penambangan, sebagai nelayan hidup kami merasa tenang dan tentram. Kini kami selalu terancam dengan dampak yang akan ditimbulkan oleh penambangan. Kami minta aktifitas penambangan oleh PT BSI segera dihentikan. Kami akan bertahan disini sampai tuntutan kami ini dikabulkan. Biarkan hidup kami tenang tanpa adanya pertambangan,” ungkapnya.

Disinggung tentang sumbangsih dan kepedulian pihak pelaksana penambangan terhadap warga sekitar, menurut Eny, sejauh ini dia tidak pernah merasakan adanya pemberian atau perhatian apapun dari PT BSI sebagai pengelola tambang. “Kita tidak pernah menerima pemberian apapun dari pertambangan. Yang kami rasakan hanyalah rasa ngeri dan ketakutan akan dampak yang ditimbulkan. Karena itu, kami minta pemerintah segera mencabut izin dan menghentikan aktifitas pertambangan di Tumpangpitu,” tegasnya. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Biarkan Kami Hidup Tenang Tanpa Pertambangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*