Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Belum Didukung Regulasi, Usaha Home Stay Menjamur Di Banyuwangi

Belum Didukung Regulasi, Usaha Home Stay Menjamur Di Banyuwangi

(705 Views) July 29, 2016 2:42 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Kemajuan dan Perkembangan industri pariwisata di Banyuwangi mulai berdampak kepada masyarakat disekitar destinasi wisata. Salah satu peluang usaha yang bisa langsung ditangkap masyarakat di sekitar lokasi wisata adalah usaha penginapan (Home Stay). Saat ini, usaha ‘penginapan murah’ ini sedang menjamur di kalangan Masyarakat Banyuwangi.

Informasi yang diperoleh Memorandum dari Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, saat ini sudah ada sekitar 300-an Home Stay yang tersebar disekitar lokasi wisata maupun di Kota Banyuwangi sendiri.

Kabid Pariwisata Disbudpar Kabupaten Banyuwangi, Drs Dariharto, mengungkapkan, tren usaha Home Stay di Banyuwangi memang sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. “Karena belum ada regulasi yang mengatur tentang usaha Home Stay, jadi kita belum punya data pasti tentang jumlah Home Stay yang ada saat ini. Kalaupun ada, ini hanya sebatas laporan dari pemilik yang datang sendiri kesini. Yang kita lakukan selama ini baru sebatas pembinaan terkait dengan pelayanan kepariwisataan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pansus Raperda Desa Wisata DPRD Banyuwangi, Muhammad Sahlan, dengan tegas menyatakan, masalah pengaturan usaha Home Stay termasuk penentuan tarifnya, dipastikan akan masuk dalam draft Raperda Desa Wisata. “Tren usaha Home Stay memang sedang meningkat. Untuk itu perlu segera ada regulasi yang mengatur tentang usaha Home Stay ini. Ini penting dan mendesak. Bahkan, Pansus juga menemukan data, ternyata banyak usaha home stay di Banyuwangi yang mulai memasarkan usahanya melalui marketing on-line. Perkembangan ini harus segera diantisipasi dengan pembuatan regulasi,” kata Sahlan. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Belum Didukung Regulasi, Usaha Home Stay Menjamur Di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment