Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Banyuwangi Tuan Rumah Parade Budaya Jatim

Banyuwangi Tuan Rumah Parade Budaya Jatim

(1271 Views) November 14, 2015 7:05 am | Published by | No comment

BANYUWANGI – Sukses menjadi tuan rumah tunggal Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) V Jawa Timur dan Pekan Seni Pelajar (PSP) Jawa Timur, Banyuwangi kembali dipercaya menjadi tuan rumah event skala provinsi. Jatim Specta Night Carnival 2015 akan digelar di Bumi Blambangan Sabtu, 14 November mendatang. Kabupaten/Kota se Jatim akan menampilkan keseniannya dalam sebuah parade budaya.

Jatim Specta Night Carnival merupakan pawai budaya yang menjadi ajang seluruh kabupaten/kota di Jatim untuk menampilkan keunggulan seni budaya daerahnya masing-masing. Even ini akan menyajikan seni dan arak-arakan fashion serta kendaraan hias yang digarap secara spektakuler.

Sambil berjalan, mereka sembari memamerkan keunggulan seni dan budayanya. Yang berbeda, karnaval ini akan digelar malam hari. Karena digelar malam, maka penonton akan menikmati permainan lighting yang megah.

Kepala bidang Budaya, Seni dan Film Dinas Pariwisata Provinsi Jatim, Hartini, mengatakan ajang ini merupakan bentuk apresiasi pemprov terhadap kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah-daerah. Sekaligus, menjadi wadah bagi seniman lokal untuk unjuk kreativitas. “Melalui even ini kami berharap kreativitas seniman dan budayawan lokal di Jatim bisa semakin berkembang. Ajang ini juga sebagai gathering bagi pelaku seni Jatim. Mereka bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman,” kata Hartini.

Semetara itu, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M.Y. Bramuda, menyatakan pihaknya sangat senang Banyuwangi bisa kembali dipercaya menjadi tuan rumah even tingkat Jawa Timur. Menurutnya, parade seni budaya ini merupakan even positif yang akan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Banyuwangi. Selain akan membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata dan perekonomian daerah.

“Ini sebuah kehormatan bagi Banyuwangi menjadi tuan rumah even besar, sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk bisa menampilkan lebih,” ujar Bramuda.

Banyuwangi sendiri akan menampilkan legenda yang berjudul Mendung Langit Kedawung. Sebuah fragmen yang melakonkan asal-usul berdirinya kerajaan Tawang Alun.

Jatim Specta Night Carnival 2015 ini akan dimulai pukul 19.00 WIB dengan start dari Taman Blambangan. Peserta parade ini akan berjalan sejauh 2,5 Km dengan finish di depan Pemda. (Humas Protokol).

Categorised in:

No comment for Banyuwangi Tuan Rumah Parade Budaya Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*