Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PENGHARGAAN » Banyuwangi Terima Reward Rp 1,4 Miliar dari Kementerian PU

Banyuwangi Terima Reward Rp 1,4 Miliar dari Kementerian PU

(997 Views) January 27, 2014 8:11 am | Published by | No comment

BANYUWANGI – Setelah mengukir prestasi di bidang investasi, Banyuwangi kembali mendapatkan reward dari Pemerintah Pusat berupa insentif Rp 1,4 miliar atas prestasinya mampu menyerap Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan infrastruktur jalan dan air bersih.

Diberikannya reward kepada Banyuwangi ini, menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Tata Ruang, Mujiono, karena Banyuwangi dianggap mampu mengelola dana DAK sebesar Rp 6,3 miliar dari Kementerian PU untuk pembangunan infrastruktur jalan dan air bersih sesuai dengan standart kualitas output yang ditentukan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan anggaran sesuai petunjuk dan pelaksanaan (juklak) dari kementerian. “Untuk pelaporan progress proyek, baik laporan harian, mingguan dan bulanan selalu kita update menggunakan IT. Kita juga aktif koordinasi menggunakan email dan paparan di luar kota,” terang Mujiono.

Untuk perencanaan, dilakukan sesuai kebutuhan dan tepat sasaran. Contohnya, kata Mujiono, sebelum dibangun sebuah jalan, terlebih dahulu akan dilihat potensi disekitarnya, apa untuk penunjang wisata atau membuka akses perekonomian. “Maka jalanpun akan dibangun sesuai spesifikasi yang dibutuhkan,” ujarnya.

Selanjutnya, pelaksanaan betul-betul dilaksanakan secara bebas dan terbuka sesuai standar Unit Layanan Pengadaan (ULP). “Untuk proyek ini kita tidak memecah-mecah lelang. Benar-benar terbuka siapun boleh ikut. Termasuk pengerjaan proyek tidak mark up,” terang Mujiono.

Semua proses itu, lanjut Mujiono, dinilai baik oleh tim DAK dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Bahkan, dari hasil penilain itu, Banyuwangi menjadi  penerima reward terbesar se Jawa Timur. “Selain Banyuwangi ada beberapa kabupaten yang juga mendapat insentif tetapi nilainya berbeda-beda, ada yang Rp 300 juta, Rp 400 atau Rp 500 juta. Dan Banyuwangi mendapat Rp 1,4 miliar,” terang Kepala Dinas PU, Mujiono.

Mujiono menambahkan, insentif reward yang telah diterima digunakan untuk membeli 9 unit sepeda motor jenis trail dan 4 unit sepeda motor niaga (viar, red). Kendaraan-kendaraan itu akan digunakan sebagai penunjang operasional Dinas PU. Motor trail akan digunakan untuk memonitor jalan-jalan rusak kabupaten dan meninjau daerah yang belum teraliri saluran air bersih. Untuk motor niaga diberikan kepada UPTD Dinas PU di empat kecamatan sebagai kendaraan pengangkut aspal dan perlengkapan lainnya untuk menambal jalan yang rusak .(Humas dan Protokol)

Categorised in:

No comment for Banyuwangi Terima Reward Rp 1,4 Miliar dari Kementerian PU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment