Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » BUDAYA » Banyuwangi Komitmen Tangkal Radikalisme

Banyuwangi Komitmen Tangkal Radikalisme

(526 Views) June 10, 2016 3:27 pm | Published by | No comment

Komitmen : Forpimda dan tokoh agama berkomitmen menangkal radikalisme dengan kerukunan antar umat beragama

Banyuwangi Memorandum – Masyarakat Banyuwangi berkomitmen menjaga toleransi umat beragama untuk menangkal radikalisme. Komitmen ini disampaikan dalam deklarasi dan pernyataan sikap yang dilakukan di Polres Banyuwangi kemarin (9/6). Hadir dalam acara tersebut Forum pimpinan daerah (Forpimda), tokoh agama yang tergabung dalam Forum Komunikasi umat Beragama (FKUB)  dan dan seluruh ormas keagaaman

Kegiatan itu diawali dengan apel bersama sekitar pukul 08.00 WIB. Dalam apel tersebut disampaika pernyataan sikap yang menjadi komitmen masyarakat untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama. Puncak acara diisi dengan penandatanganan deklarasi oleh seluruh tokoh agama dan Forpimda.

Ada lima poin komiteman yang termaktub dalam deklarasi anti-radikalisme tersebut. Pertama, selalu menjaga kerukunan antar umat beragama dengan mengedepankan musyawarah dan mufakat demi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di Banyuwangi. Kedua, menjunjung tinggi toleransi keragaman antar umat beragama serta kebhinekatunggalikaan untuk mewujudkan perdamaian masyarakat Banyuwangi. Ketiga, mendukung setiap kebijakan dan usaha pemerintah Kabupaten Banyuwangi serta aparat penegak hukum dalam rangka memberantas kejahatan di masyarakat.

Keempat, menolak dan mewaspadai berkembangnya paham radikalisme, komunisme serta paham lain yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 yang dapat mengganngu stabilitas keamanan dan ketertiban di NKRI. Dan kelima, menolak dan mewaspadai adanya upaya perorangan maupun kelompok dengan sengaja untuk memecah belah kerukunan antar umat beragama di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Banyuwangi yang berbhineka tunggal ika antar umat beragama khususnya dalam meningkatkan ibadah. “Khususya bulan puasa ini jangan sampai ada kelompok atau orang tertentu yang merusak kerukunan antar umat beragama tersebut,” katanya.

Dia berharap, masyarakat Banyuwangi tidak terpengaruh dengan kelompok yang ingin merusak kehormatan dan toleransi umat beragama di Banyuwangi. Salah satu konsep yang dilakukan pengamanan bersama ibadah. “Contohnya umat muslim membantu pengamanan umat kristiani saat melaksanakan ibadah, misalkan dibagian terluar  ikut membantu menyeberangkan jemaat,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya itu inisiatif yang baik ditengah bulan ramadhan. Apalagi dalam kegiatan itu semua ormas hadir. “Ada komitmen bersama teguhkan kembali kebersamaan solidaritas antar umat beragama,” ujarnya.

Dia berharap hal ini bisa membawa Banyuwangi menjadi lebih baik sehingga keamanan dan ketertiban semakin baik. “Sehingga tidak ada ruang untuk memecah belah kebersamaan, ini untuk mempererat kembali kerukunan yang selama ini sudah sangat baik,” katanya.(jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in: ,

No comment for Banyuwangi Komitmen Tangkal Radikalisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment