Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Banyuwangi Harus Punya Musium Budaya

Banyuwangi Harus Punya Musium Budaya

(822 Views) November 20, 2015 5:34 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Sebagai kawasan yang kaya peninggalan sejarah serta keragaman seni-budaya masyarakatnya, Banyuwangi dianggap perlu memiliki sebuah Musium Budaya yang representatif. Selain akan berfungsi sebagai pusat dokumentasi, keberadaan museum juga akan bermanfaat dan sangat membantu untuk kegiatan-kegiatan penelitian di lapangan.

HM Joni Subagio

HM Joni Subagio, SH, MHum

Untuk mewujudkan berdirinya Musium tersebut, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, HM Joni Subagio, merasa perlu untuk menyampaikan dan memaparkan langsung kepada Bupati Banyuwangi. “Itu sangat penting. Dan Banyuwangi memang harus punya. Tapi tentunya tidak dalam waktu dekat, karena APBD 2016 kan sudah di-dhok. Jadi sambil menunggu hasil Pilkada nanti, saya akan sampaikan dan paparkan langsung kepada Bupati,” kata HM Joni, diruang kerjanya, Kamis (19/11) kemarin.

HM Joni mengaku optimis bahwa ide pendirian Musium Budaya akan disetujui oleh Bupati. Pasalnya, kata HM Joni, selama ini kultur dan seni-budaya yang berkembang di kalangan masyarakat dibiarkan tumbuh-kembang dengan sendirinya dan nyaris tanpa penanganan dan dokumentasi selayaknya. Selain itu, juga banyak peneliti dari berbagai perguruan tinggi yang mengadakan penelitian kebudayaan Banyuwangi seringkali mengalami kesulitan data dan bahan-bahan penelitian. “Yang jelas, keberadaan Musium Budaya itu nantinya akan lebih banyak manfaatnya. Insya Allah, dalam penyusunan APBD 2017 nanti kita akan dorong eksekutif untuk merencanakan pembangunannya,” ujarnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, MY Bramuda, menjelaskan, rencana pendirian Musium Budaya itu sebenarnya sudah digagas Pemkab Banyuwangi sejak beberapa tahun lalu. “Pendirian Musium Budaya itu sebenarnya sudah digagas sejak 3 tahun lalu. Yang menjadi kendala adalah masalah tukar-guling bangunan bekas Kantor Pengadilan lama yang ada di sebelah barat Stadion Diponegoro. Itu yang sampai saat ini belum bisa deal, sehingga rencana pendirian museum masih tertunda terus. Kalau sekarang ini pihak legislatif juga mulai merespon rencana tersebut, ya kita sangat bersukur. Dan kita memang berharap agar museum tersebut segera terwujud,” kata Bramuda. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in: ,

No comment for Banyuwangi Harus Punya Musium Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*