Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Banyuwangi Gelar Pilkades Serentak Oktober 2017

Banyuwangi Gelar Pilkades Serentak Oktober 2017

(781 Views) March 15, 2017 9:57 pm | Published by | No comment

– Rapat Pansus Finalisasi Perubahan Perda Banyuwangi No 9 Tahun 2015 tentan Pedoman Pemilihan, Pelantikan,Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa. (Memorandum – Hariyadi)

Banyuwangi, Memorandum – Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Banyuwangi dipastikan akan di gelar Bulan Oktber 2017 mendatang. Pesta demokrasi tingkat lokal tersebut, pasti ditunggu oleh masyarakat yang Kepala Desanya akan berakhir masa jabatannya pada tahun ini.

Hal ini disampaikan Ketua Pansus Raperda Perubahan Perda Kabupaten Banyuwangi No. 9 tahun 2015 tentang Pedoman,Pemilihan,Pelantikan,Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, DPRD Banyuwangi, Handoko,SE, usai rapat finalisasi pembahasan Raperda dimaksud.

Politisi Partai Demokrat asal Rogojampi ini mengatakan, Pemerintah Daerah  memberikan informasi Pemilihan Kepala Desa diestimasikan di gelar pada hari Senin, 23 Oktober 2017 mendatang.  Di Kabupaten Banyuwangi ada 52 (lima puluh dua) desa yang akan melaksanakan Pilkades pada tahun ini. “Sebenarnya ada 55 desa, namun yang 3 desa hanya proses PAW Kepala Desa, karena saat ini dijabat Pejabat sementara, kita fokus pada 52 desa tersebut” jelas Handoko, Selasa (14/3) kemarin.

Untuk gelaran Pilkades serentak itu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menganggarkan dalam APBD tahun 2017 sejumlah Rp. 2,8 Milyar, jika dirasa alokasi anggaran tersebut kurang,maka akan diusulkan kembali dalam Perubahan APBD. Soal anggaran secara teknis, masing desa yang melaksanakan Pilkades besaran dana yang akan diterima  berbeda, disesuaikan dengan jumlah hak pilih warga. “Kurang lebih anggaran Pilkades di APBD Tahun 2017, sebesar Rp. 2,8 Milyar, nanti kalau memang kurang,akan dialokasikan kembali di PAK,” ungkapnya.

Sementara hasil finalisasi Perubahan Perda No. 9 Tahun 2015, antara Pansus dengan eksekutif telah sepakat terhadap materi perubahan.  Selain sepakat atas putusan Mahkamah KonstitusiNo.128/PUU-XII/2015 yang memberikan peluang Cakades dari luar Desa, pihaknya bersama eksekutif,juga menyepakati beberapa usulan muatan lokal dari anggota Pansus, diantaranya, adanya uji kompetensi terhadap pendaftar bakal calon Kepala Desa yang lebih dari 5 (lima) orang

Pelaksanaan uji tulis tersebut dilakukan oleh pihak akademisi ,bukan lagi menjadi kewenangan Pemerintah Daerah,dengan harapan benar-benar independent. Selanjutnya hasil tes tulis bagi bakal calon Kepala Desa tersebut, wajib diumumkan pada hari pelaksanaan, guna menghindari adanya main belakang. “Tim Akademisi tetap Pemerintah Daerah yang menunjuk, yang terpenting pengumuman hasil tes tulis wajib dilakukan pada hari yang sama, tidak boleh di inapkan, meski hanya sehari,” tegas Handoko.

Sedangkan untuk pengesahan Raperda Perubahan Perda No. 9 tahun 2016 tentang Pilkades, menunggu proses fasilitasi oleh Gubernur Jawa Timur. (ydi/bud)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Banyuwangi Gelar Pilkades Serentak Oktober 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*