Banyuwangi Berkebun, Fashion Recycle Sampah

1927 views
banner 468x60)

BANYUWANGI- Ratusan ibu-ibu dasa wisma (dawis) se kabupaten Banyuwangi Minggu (30/11) berkumpul di Taman Blambangan. Kehadiran mereka untuk menghadiri launching Banyuwangi Berkebun dan Merdeka dari Sampah 2015.

Menariknya, acara ini selain dihadiri Bupati Abdullah Azwar Anas beserta Ny Dani Azwar, juga dimeriahkan fashion show baju recycle (daur ulang) sampah plastik. Misalnya bekas bungkus deterjen, plastik,koran bekas dan lain sebagainya.

Fashion yang diperagakan anak-anak sekolah ini sangat cantik, tak kalah menarik dengan fashion-fashion yang menggunakan kain mahal. “Fashion ini cantik. Ini bisa ditindaklanjuti dengan fashion week recycle. Banyuwangi festival tidak harus dari budaya, dari hal-hal yang seperti ini justru sangat menginspiratif,” ujar Bupati Anas.

Meski kegiatan ini kecil, lanjut Bupati, tapi ini jauh lebih dahsyat manfaatnya dibanding beberapa kegiatan besar. “Ini maknanya besar. Ini bisa jadi dasar untuk mendorong anak-anak untuk peduli akan sampah,” ujar Bupati Anas.

Gerakan kebersihan ini merupakan program yang mendasar Banyuwangi Berkebun yang dilakukan kader lingkungan yang dipelopori Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). “Ini bisa diexplore untuk memberi contoh kepada anak-anak sekolah dan masyarakat. Saya berharap gerakan kebersihan ini kedepan bisa jadi gerakan keluarga. Karena keluarga basisnya kebersihan.Kalau semua keluarga anak,ibu dan keponakan menjaga kebersihan tidak sulit menjadikan Banyuwangi bersih,”kata Bupati Anas.

Selain kebersihan, Bupati Anas juga terinspirasi irama dan syair lagu green and clean yang dinyanyikan ibu-ibu dawis. Lagunya yang mengajak semua peduli kebersihan, membuat Bupati terdorong untuk mewajibkan PNS menghafalkan lagu itu. “Lagu Green and Clean tadi kalau diaransemen sedikit bisa jadi lagu bagus dan bisa dinyanyikan pada event besar. Isinya bagus dan menginspirasi. Ide seperti ini tidak harus dari atas,tapi dari bawah juga sangat perlu,” tandas Bupati Anas.

Menandai launching Banyuwangi berkebun, Bupati dan Ny Dani, bersama Kepala DKP Arief Setiawan, bersama-sama menanam sayur sawi. Sebelumnya Bupati juga melakukan senam pagi bersama masyarakat di Taman Blambangan. Bupati juga sempat melihat hasil kerajinan daur ulang yang ditampilkan dalam bazar di acara itu. (Humas & Protokol)

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply

*