Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Banyuwangi Aman Jadi Percontohan Kabupaten/Kota Zona Merah Jatim

Banyuwangi Aman Jadi Percontohan Kabupaten/Kota Zona Merah Jatim

(626 Views) November 24, 2015 7:48 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Kabupaten Banyuwangi salah satu daerah di Jatim yang tidak masuk zona merah daerah rawan konflik Pilkada. Hal itu diungkap Prof. DR. Muhammad,S.IP, M.Si, Ketua Bawaslu RI saat acara Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Santika Banyuwangi, Senin (23/11).

Menurut Muhammad, dikategorikan daerah rawan konflik pilkada itu, berdasarkan jejak rekam pemilu-pemilukada sebelumnya, potensi konflik kepentingan serta potensi intimidasi atau tekanan-tekanan dari kelompok tertentu. Namun untuk Kabupaten Banyuwangi tidak masuk kategori daerah rawan konflik.

“Kedatangan saya kesini bukan karena Banyuwangi rawan, namun sebaliknya saya memberikan semangat, memberikan atensi kepada semua pihak, supaya dapat menjaga dan mempertahankan kondusifitas yang ada di Banyuwangi, sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi daerah lain di Jawa Timur utamanya yang masuk zona merah,” ungkap Muhammad.

Selanjutnya untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pilkada, tidak hanya membutuhkan peran penyelenggara Pilkada, namun peran dan partisipasi masyarakat dalam mengawasai tahapan hingga proses rakapitulasi merupakan bagian utama dalam penyelenggaraan Pemilukada.

Selain itu, Muhammad juga menekankan pentingnya peran calon Kepala daerah dalam kelangsungan pilkada yang berintegritas, dan hindari sengketa hasil rekapitulasi suara dibawah hingga Mahkamah Konstitusi. “Akan lebih bangga jika kemenangan sebagai kepala daerah ditentukan oleh rakyat , bukan karena ketokan palu Hakim MK” ungkap pria kelahiran makasar ini. (ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in:

No comment for Banyuwangi Aman Jadi Percontohan Kabupaten/Kota Zona Merah Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*