Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Banyak Tambang Galian C Illegal Buka Diam-Diam

Banyak Tambang Galian C Illegal Buka Diam-Diam

(1123 Views) April 11, 2016 6:25 pm | Published by | No comment

Polisi Akan Tindak Tegas

Galian C Illegal Banyuwangi

(Kiri) Kepala BPPT Pemda Banyuwangi Drs. Abdul Kadir, M.Si (Kanan) Kabag Ops Polres Banyuwangi Kompol Sudjarwo

Banyuwangi, Memorandum – Keinginan penambang galian c membuka kembali usahanya, meski izin belum lengkap atau izin belum ada tidak memupuskan semangat Kepolisian bertindak tegas. Bahkan sejumlah alat berat yang diamankan Polisi, masih tetap disita meski ada beberapa pemohon pinjam pakai sedang diteliti.

“Kasusnya galian c akan terus berjalan sesuai aturan yang ada. Soal pinjam pakai silahkan saja dimohonkan,” ungkap Kabag Ops Polres Banyuwangi Kompol Sudjarwo kepada Memorandum baru ini.

Soal keinginan sejumlah pengusaha tambang galian C dan sopir dump truk melakukan aksi unjuk rasa kemarin (7/4). Mereka meminta Pemerintah dan aparat Kepolisian mengizinkan tambang galian C tak berizin bisa beroperasi. Kabag Ops Polres Banyuwangi Kompol Sujarwo menegaskan Kepolsian dalam hal ini Polres Banyuwangi sesuai dengan tugas Kepolisian saja. “Kalau memang tidak ada izinnya tetap tidak boleh operasi,” tegasnya.

Kompol Sudjarwo juga menegaskan, jika pengusaha tambang galian C secara normative harus lebih dulu melengkapi seluruh perizinan yang diperlukan. Jika izinnya belum lengkap dan nekad beroperasi pihaknya pasti akan melakukan penutupan dan pemiliknya diproses sesuai dengan aturan yang ada.

Berkaitan dengan adanya tambang galian C tak berizin yang berani buka, Sujarwo menegaskan pihak Kepolisian tidak pernah mengizinkan tambang tak berizin untuk beroperasi. Sebagai buktinya, tambang yang sempat buka langsung dilakukan penutupan kembali. “Pokoknya kalau izinnya belum lengkap kita tutup,” tegasnya lagi.

Diakuinya ada pengusaha tambang galian C tak berizin yang nekat buka. Menurutnya, tidak ada kebijakan buka tutup dari Kepolisian. Dia menegaskan tambang tersebut berani buka karena pemiliknya bandel. “Mereka saja yang bandel, sengaja main kucing-kucingan,” jelasnya.

Sejauh ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan beberapa saksi terkait  tambang galian C yang nekad beroperasi. Saat ini, kata Sujarwo, penyidik akan meminta keterangan ahli terkait perkara ini. “Semuanya tetap diproses sesuai aturan yang ada,” pungkasnya.

Sedangkan soal perizinan yang ada, Kepala BPPT-PM Banyuwangi, Abdul Kadir menjelaskan, Sesuai dengan Undang-Undang No. 23 tahun 2014, Pemerintah Daerah Banyuwangi sudah tidak bisa lagi mengeluarkan ijin tambang. Dalam arti Kepala Daerah tidak lagi menetapkan Wilayah Ijin Usaha Pertambangan (WIUP), kewenangan tersebut kini hanya dimiliki Gubernur dan Pemerintah Pusat. Namun Pemerintah Kabupaten Banyuwangi , siap mendampingi pengusaha tambang galian C untuk mengurus ijin, dengan syarat telah mendapatkan WIUP dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur.

“ Pemerintah Daerah tidak berani serta merta melegalkan tambang galian C yang belum berijin, Bupati bisa kena sanksi,” jelas Abdul Kadir.

Dari keterangan yang disampaikan Kepala Bidang Pertambangan, Disperindagtam Banyuwangi, Budi Wahono. Saat ini ada sekitar 30 pengusaha tambang yang mengajukan proses perijinan, namun baru 17 lokasi yang diproses. Dikonfirmasi mengenai nama pengusaha yang proses ijin WIUPnya turun, Budi Wahono secara halus menolak permintaan awak media.

Tetapi berdasarkan data dari Dinas ESDM Propinsi Jawa Timur,rekapitulasi permohonan ijin tambang di Banyuwangi sebanyak 44 pemohon. Yang melakukan permohonan WIUP sebanyak 39 pemohon, 16 pemohon seleai diproses, 11 pemohon dikembalikan, 2 pemohon dicabut dan 10 pemohon belum ditinjau. Selanjutnya yang mengajuhkan  Ijin Usaha Pertambangan (IUP) Eksplorasi sebanyak 3 pemohon, 1 pemohon selesai diproses dan yang 2 sedang dalam proses. Adapun untuk 2 pemohon IUP operasi produksi telah selesai diproses.

Pantauan Memorandum dilapangan, banyak galian c yang belum lengkap perizinan nekat terus beroperasi. Bahkan tidak sedikit mereka kuncing-kucingan dengan petugas. “Kadang ada yang buka malam hari, kadang juga subuh sudah banyak antrian dump truk,” ungkap Santoso warga Kecamata Kabat. (jai/ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for Banyak Tambang Galian C Illegal Buka Diam-Diam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*