Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Bansos PKH Kemensos Tahap 1 Digulirkan

Bansos PKH Kemensos Tahap 1 Digulirkan

(855 Views) April 26, 2016 3:38 pm | Published by | No comment
Bansos Kementrian Sosial (1)

Penerima PKH secara simbolis menerima uang tunai dari Kemensos

Bansos Kementrian Sosial (2)

Mensos Khofifah dalam sambutan penyerahan PKH di Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandum – Sebanyak 19.841 Kepala Keluarga (KK)di Kabupaten Banyuwangi, menerma bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap I Tahun Anggaran 2015, diserahkan langsung oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsa. Penyerahan secara simbolis kepada ratusan KK di Banyuwangi disaksikan Bupati Abdullah Azwar Anas, di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Senin (25/4).

Mensos, Khofifah mengatakan, pada tahun 2016 Kementerian Sosial memberikan bantuan sosial sebesar Rp. 205.203.414.200. Total dana tersebut dibagi ke sejumlah kalangan, mulai dari ibu rumah tangga, penyandang disabilitas, kalangan lanjut usia, hingga penerima beras sejahtera. Untuk bantuan sosial PKH seluruh total anggaranya sebesar Rp. 34.057.025.000. “Saya berharap dana ini bisa dimaksimalkan, terutama bagi ibu rumah tangga agar mampu mensejahterakan kehidupan anak-anaknya”  ucap Khofifah.

Khofifah menjelaskan, besaran bantuan sosial PKH untuk setiap penerima maksimal sebesar Rp. 3,7 Juta pertahun, tergantung dari kondisitasnya. Ibu hamil atau ibu yang memiliki balita yang masuk kategori penerima PKH, maka akan mendapatkan tambahan bantuan PKH sebesar Rp. 1,2 Juta per tahun yang pencairan dananya terbagi menjadi 4 tahap.

PKH terdiri atas bantuan pendidikan, kesehatan dan bantuan tetap. Bantuan Pedidikan diimplementasikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).  Anak yang masih bersekolah ditingkat SD mendapatkan bantuan sebesar Rp. 450 Ribu per Tahun, setingkat SMP mendapatkan Rp. 750 Ribu pertahun, selanjutnya untuk yang duduk dibangku SMA,SMK maupun Aliyah mendapatkan bantuan sebesar Rp. 1 Juta pertahun. Sedangkan untuk bantuan tetap seniali Rp. 500 Ribu pertahun.

Kementerian Sosial juga akan menggelontorkan beberapa jenis bantuan sosial di Kabupaten Banyuwangi.  Bantuan untuk kalangan lanjut usia untuk 50 jiwa senilai Rp. 120 Juta, bantuan disabilitas sebanyak 40 jiwa senilai Rp, 144 Juta, serta bantuan beras sejahtera untuk 130.596 KK dengan nilai sebesar Rp. 170.780.389.200.

Sementara Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya menyambut baik bantuan dari Kementerian sosial, sehingga diharapkan  menjadi percepatan program penurunan kemiskinan di Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi selama ini telah mampu menurunkan angka kemiskinan yang cukup signifikan. Angka kemiskinan tahun 2010 mencapai 20,4 persen, pada tahun 2015 sudah turun menjadi 9,2 persen. (ydi)

Sumber : Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Bansos PKH Kemensos Tahap 1 Digulirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*