Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Bahas LKPJ Bupati Tahun 2015 Komisi I : Angka Kematian Tinggi Kinerja Bidang Kesehatan Tidak Maksimal

Bahas LKPJ Bupati Tahun 2015 Komisi I : Angka Kematian Tinggi Kinerja Bidang Kesehatan Tidak Maksimal

(705 Views) April 14, 2016 2:29 pm | Published by | No comment
Komisi Sorot Kesehatan

– Ketua Komisi I, Ficky Septalinda

Banyuwangi, Memorandum – Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan dan penderitan HIV AIDS  selama tahun 2015, tercatat masih tinggi. Dua hal tersebut akan jadi sorotan Komisi I DPRD terhadap evaluasi kinerja bidang kesehatan, yang merupakan urusan wajib. Sorotan kedua adalah persoalan pendidikan bagi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Itu diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Banyuwangi, Ficky Septalinda, usai melakukan rapat evaluasi LKPJ tahun anggaran 2015 bersama Dinas Kesehatan, RSUD Blambangan dan RSUD Genteng, Selasa (12/4).

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Dinas Kesehatan, Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan pada tahun 2015 tercatat 96,2 per 100.000 kelahiran hidup. Sedangkan untuk penderita HIV AIDS tercatat sebanyak 2.185 jiwa. Ada peningkatan dibandingkan tahun 2014.

Faktor tertinggi yang menjadi penyebab langsung kematian Ibu melahirkan adalah  pendarahan dan eklamsia atau kejang. Terlebih bagi sebagian Ibu yang meninggal, sebelumnya telah mendapatkan layanan medis baik di rumah sakit Pemerintah maupun swasta. Sehingga kualitas pelayanan juga disebut menjadi faktor yang mempengaruhi penanganan Ibu hamil.

Maka dari itu, kedepan Dinas Kesehatan harus berupaya untuk menekan seminimal mungkin Angka Kematian Ibu melahirkan melalui program yang telah ada, seperti Desa Siaga ataupun yang lainnya. “Berarti tenaga medis ataupun bidan yang telah dimaksimalkan di masing-masing wilayah, kinerjanya belum optimal. Kedepan Diskes harus berupaya menekan Angka Kematian Ibu melahirkan tersebut,” ungkap Ficky Septalinda.

Selanjutnya terhadap tingginya penderita HIV AIDS, Komisi I, berharap Dinas kesehatan, untuk terus berupaya melakukan pencegahan dan penyembuhan, melalui sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat. Sasaran target sosialisasi terukur, khususnya pada kalangan muda, dengan menggandeng berbagai pihak.

”Kami sangat prihatin, jika setiap tahun penderita HIV AIDS terus meningkat, padahal upaya pencegahan telah dilakukan,” kata Ficky. (ydi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

 

Categorised in:

No comment for Bahas LKPJ Bupati Tahun 2015 Komisi I : Angka Kematian Tinggi Kinerja Bidang Kesehatan Tidak Maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*