Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Azwar Anas Imbau Optimalkan Pembangunan

Azwar Anas Imbau Optimalkan Pembangunan

(303 Views) April 5, 2017 5:49 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Pada tahun 2017 ini, Alokasi Dana Desa bagi 189 desa se Banyuwangi yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sebesar Rp 148,6, milyar. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun mengimbau desa agar memanfaatkan dana tersebut dengan optimal, serta bersinergi dengan berbagai program pemkab.

“Sehingga total dana yang akan masuk ke seluruh desa di Banyuwangi mencapai Rp 320,8 Milyar di tahun 2017 ini. Program-program yang ada di desa, kami minta agar menyesuaikan dengan program pemkab agar progress pembangunan di Banyuwangi lebih cepat,” jelas Anas.

Untuk itu, pemkab Banyuwangi telah mengeluarkan himbauan kepada para  Kepala Desa untuk melaksanakan prioritas penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) 2017. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Zen Kostolani mengatakan himbauan ini ditujukan agar penggunaan alokasi dana desa (ADD) dapat digunakan untuk mendukung program pemerintah kabupaten seperti pengentasan kemiskinan, Smart Kampung  dan transparansi pengelolaan anggaran desa.

Sepuluh imbauan itu di antaranya turut melakukan bedah rumah tidak layak huni bagi warga di wilayahnya untuk pengentasan kemiskinan. Desa juga diharapkan bisa memfasilitasi langganan internet guna mendukung program Smart Kampung.

Selain itu, desa juga dihimbau untuk meningkatkan fasilitas pelayanan publik di desa misalnya dengan memberikan ruang pelayanan yang nyaman bagi warga, melengkapi ruang pelayanan dengan CCTV dan papan informasi. CCTV ini nantinya akan terintegrasi dengan sistem informasi di Pemkab sehingga aktifitas kegiatan pelayanan di Desa dapat terpantau dari manapun.

Masih ada beberapa poin himbauan dari pemkab kepada Kepala Desa dalam mendukung program daerah seperti pengembangan perpustakaan desa, pengadaan sarana prasarana bermaian anak di tempat publik (Play Ground dan alat edukasi lainna). Kepala Desa juga dihimbau mengadakan mengembangkan Posyandu dan tambahan gizi bagi balita, sampai himbauan adanya transparansi pengelolaan keuangan desa lewat papan informasi dan sarana publikasi lainnya. (hm/coi)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Azwar Anas Imbau Optimalkan Pembangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*