Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » Awal 2015, BPS Update Data PPLS

Awal 2015, BPS Update Data PPLS

(2430 Views) September 4, 2014 3:52 pm | Published by | No comment

statistik

BANYUWANGI – Awal tahun 2015 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) akan segera melakukan pemutakhiran (updating) data basis terhadap Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS). Hal itu diungkapkan Kepala BPS Kabupaten Banyuwangi, Mohammad Amin saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (3/9) di Kantor Pemkab Banyuwangi.

Namun sebelum PPLS  di- update, Amin membeberkan, ada tahapan-tahapan yang akan dilakukan. “Sebelumnya kami akan mengadakan musyawarah kelurahan (Muskel) dan musyawarah desa (Musdes) pada bulan September untuk mensosialisasikan PPLS ini,”ujar Amin. Selain itu, tuturnya, dalam Muskel dan Musdes itu juga akan ada pengambilan sample untuk  Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Baru pada bulan Oktober akan dilakukan Pra PPLS, dilanjutkan updating PPLS yang sebenarnya awal 2015 nanti.

Dalam pertemuan tersebut, Amin juga menyampaikan data terbaru tentang angka kemiskinan Banyuwangi yang telah  dihitung ulang. Ada penurunan yang signifikan terhadap angka kemiskinan Banyuwangi  mulai tahun 2012 – 2013. Yakni dari 156 ribu (9,93 persen) turun menjadi 151 ribu (9,57 persen) dari total jumlah penduduk Banyuwangi yang mencapai 1,56 juta jiwa.

Sementara itu, sebagai pihak yang selalu memantau pergerakan data terkait keberhasilan program yang dijalankannya, Bupati Anas menyatakan pihaknya akan men-support penuh program BPS tersebut. Bahkan akan menyusun usulan anggaran untuk mendukung PPLS. “Kita ini butuh data kemiskinan  yang detail by name by address, di samping data-data lainnya,” kata bupati. Sebab, ujarnya, bukan tidak mungkin angka kemiskinan akan naik kembali jika tidak tertangani dengan baik.

Untuk menekan angka kemiskinan tersebut, sejalan dengan UU desa, kata bupati,  ada intervensi yang bisa dilakukan  di tingkat desa.  Misalnya memberdayakan orang-orang di usia produktifnya untuk bisa berkarya atau menghasilkan sesuatu. Bahkan bupati berencana pada tahun 2015 akan menyelenggarakan dan memfasilitasi para pemuda usia produktif  pelatihan bahasa Inggris dan Mandarin di kantor-kantor desa.

Pada Musdes/Muskel  nanti, Bupati Anas mengharapkan  supaya kesadaran kolektif para kepala desa dan lurah akan muncul. Karena ke depan, apa yang dilakukan para kades dan lurah terkait langsung dengan masa depan warganya.

“Jangan lagi ada pemikiran, jika penduduk miskinnya berkurang, nanti raskin (beras untuk rakyat  miskin) yang dikucurkan untuk desanya juga berkurang. Itu problem yang selama ini mengemuka. Mudah-mudahan dalam survei nanti, responden bisa memberikan jawaban yang riil,”tandas bupati. (Humas & Protokol)

Categorised in:

No comment for Awal 2015, BPS Update Data PPLS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*