Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » Asset KUD Usaha Bersama Dilego 4 miliar

Asset KUD Usaha Bersama Dilego 4 miliar

(686 Views) September 21, 2016 6:36 pm | Published by | No comment

Uang Hasil Penjualan Dijadikan Bancakan

asset-kud-dijual-rp-4-miliar

– Para pihak dan beberapa perwakilan anggota saat pertemuan di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, terkait penjualan asset milik KUD ‘Usaha Bersama’

Banyuwangi, Memorandum – Penjualan asset tanah seluas 6.780 M2 milik KUD ‘Usaha Bersama’ Kabat oleh beberapa orang yang mengaku Pendiri, membuat jajaran Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyuwangi kebakaran jenggot. Informasi yang dihimpun Memorandum dari beberapa sumber terpercaya, asset tanah milik KUD yang nota-bene adalah milik anggota itu laku terjual seharga Rp 4 miliar.

Penjual asset, 4 orang yang mengaku sebagai pendiri koperasi yang awalnya bernama Badan Usaha Unit Desa (BUUD) yakni; H Nawawi, H Hudhori, H Ismail dan Mad’hie, menjual asset KUD tersebut dengan mengatas-namakan Kuasa BUUD “Usaha Bersama”/KUD Unit 5 Kabat, dengan melibatkan ahli waris pemilik tanah sebelumnya, Moh Mustain Taufik. Berdasarkan Sertifikat Hak Milik No.201/Desa Pakistaji, gambar situasi tanggal 9 Juni 1977 No.1430/1977, tanah seluas 6.780 M2 tersebut masih atas nama; Asmuni Azis.

Menurut keterangan beberapa anggota KUD ‘Usaha Bersama’ yang berhasil dihubungi Memorandum, proses penjualan asset tersebut berawal dari inisiatif H Nawawi dan kawan-kawan yang mengaku sebagai pendiri BUUD. Karena terjadi perubahan bentuk dari BUUD menjadi KUD, H Nawawi menganggap asset yang dibeli BUUD dari keluarga Asmuni Azis tersebut tidak ada kaitanya dengan KUD. Karena itu, dia kemudian berinisiatif menjualnya dan uangnya dibagi-bagikan kepada para pendiri yang berjumlah 23 orang.

Awalnya, proses jual-beli sempat terganjal oleh pihak ahli waris, yang menolak untuk ikut menanda-tangani penjualan asset. Atas penolakan tersebut, H Nawawi dan kawan-kawan kemudian menggugat perdata ahli waris melalui Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi. Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Nomor; 187/Pdt.G/2014/PN Bwi, kedua belah pihak dinyatakan sepakat berdamai.

Pada pasal (2) keputusan PN Banyuwangi tersebut dinyatakan, bahwa atas tanah dalam pasal 1 tersebut, kedua belah pihak telah bersepakat agar tanah tersebut dibagi 2 (dua) dengan ketentuan yaitu untuk pihak penggugat (H Nawawi dkk selaku Kuasa BUUD “Usaha Bersama”/KUD Unit 5 Kabat, red) mendapatkan 60 persen dari harga jual obyek, dan pihak tergugat mendapatkan 40 persen dari harga jual obyek. Atas dasar keputusan itu, H Nawawi dkk pun merasa ‘leluasa’ melepas asset milik koperasi tersebut seharga Rp 4 miliar.

Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM, Senin (19/9) kemarin, terungkap bahwa penjualan asset tersebut dilakukan tanpa persetujuan anggota melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dan uniknya, sebagaimana diungkap seorang staf  Dinas Koperasi dan UMKM yang mengikuti pertemuan, H Nawawi dkk berinisiatif menjual asset tersebut karena menganggap bahwa asset yang dibeli pada era BUUD itu tidak ada kaitannya dengan keberadaan KUD. Pertemuan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM, Irfan, M.Si., untuk sementara memutuskan; kasus jual-beli asset tersebut akan dibawa kepada forum RAT KUD ‘Usaha Bersama’ yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Achmad Ilyas, salah satu anggota yang mengikuti pertemuan tersbut kepada Memorandum menjelaskan, inisiatif penjualan asset tersebut adalah murni inisiatif H Nawawi dkk tanpa melibatkan pengurus dan anggota. “Tidak ada yang diajak ngomong masalah penjualan asset tersebut. Jadi sudah laku terjual, dan saat ini uang hasil penjualanya sudah dibagi-bagikan,” kata Achmad Ilyas, yang ditemui seusai pertemuan.

Saat dikonfirmasi penjualan asset tersebut, H Nawawi menolak menjelaskan secara rinci. “Saya tidak akan menjawab masalah itu. Karena ada pengurusnya sendiri yang bisa menjelaskan. Iya benar, masih akan ada pertemuan lanjutan,” ungkapnya sembari meninggalkan ruang pertemuan. (bud)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Asset KUD Usaha Bersama Dilego 4 miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*