Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BUDAYA » Asmin Drs Wiyono: Image Banyuwangi Mulai Bergeser

Asmin Drs Wiyono: Image Banyuwangi Mulai Bergeser

(1189 Views) November 15, 2015 4:11 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Tragedi pembantaian dengan dalih Dukun Santet yang terjadi beberapa tahun silam, semakin menguatkan image bahwa Banyuwangi merupakan daerah yang sarat dengan hal-hal negative. Banyuwangi yang selalu diidentiikan dengan berbagai jenis ilmu pellet seperti ‘Jaran Goyang’, ‘Sabuk Mangir’ dan sebagainya, membuat kawasan yang berada di ujung timur Pulau Jawa itu semakin terisolir dari pergaulan nasional.

Juara BEC 2015

Asisten Administrasi Pembangunan, Drs Wiyono, saat menyerahkan Penghargaan kepada Yusuf Maulana, pemenang The Best Costum BEC 2015

Saat ini, berbagai image negatif tentang Banyuwangi itu mulai bergeser jauh setelah beberapa pemimpin Banyuwangi, termasuk Bupati Banyuwangi periode 2010 – 2015, H Abdullah Azwar Anas, berhasil membangun dan menunjukkan bahwa Banyuwangi tidak seperti yang mereka gambarkan selama ini.

“Banyuwangi yang selalu diidentikkan sengan santet, diidentikkan dengan Jaran Goyang, kini telah bergeser jauh. Banyuwangi yang dulu dikenal angker, kini mulai banyak dilirik oleh investor yang ingin menanamkan modalnya di Banyuwangi. Ini merupakan keberhasilan para Pemimpin Banyuwangi, salah satunya adalah Pak Anas (Bupati Banyuwangi periode 2010 – 2015), yang telah berhasil membawa nama harum Banyuwangi ke berbagai pentas nasional dan internasional,” ungkap Asisten Administrasi dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Kabupaten banyuwangi, Drs Wiyono, saat memberikan sambutan dalam acara penyerahan hadiah bagi para pemenang BEC di Pelinggihan Budaya Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Selasa (10/11) lalu.

Menurut Wiyono, keberhasilan penyelenggaraan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang tahun ini meningjak tahun ke 5, memiliki andil besar dalam membangun image positif Banyuwangi ke pentas nasional dan internasional. “Yang perlu diingat, bagaimana agar para pemebang BEC ini tidak hanya bangga bisa tampil sebagai pemenang, tetapi juga harus bertanggung jawab secara moral untuk turut menjaga dan mengembangkan seni-budaya sebagai warisan dan asset untuk masa depan Banyuwangi,” kata Wiyono.

Dijelaskan, salah satu bukti keberhasilan Banyuwangi bergeser dari image negatif ke positif adalah timbulnya kepercayaan dunia internasional kepada Banyuwangi, yaitu akan dibangunnya sebuah pelabuhan Marina di kawasan Pantai Boom. “Nanti pada tahun 2018, Banyuwangi akan memiliki Pelabuhan Marina yang merupakan salah satu pelabuhan Marina terbesar didunia. Itu berhasil diwujudkan karena Banyuwangi telah menunjukkan image positif dan memiliki potensi yang sangat layak untuk dikembangkan,” kata Wiyono. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in: ,

No comment for Asmin Drs Wiyono: Image Banyuwangi Mulai Bergeser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*