Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » DULUR ISUN » Arkandaffa Arjakumara, Peraih Medali Emas dan Best Overall Olimpiade Sains Nasional (OSN) Asal Banyuwangi, Raih Medali Silver IMSO 2019

Arkandaffa Arjakumara, Peraih Medali Emas dan Best Overall Olimpiade Sains Nasional (OSN) Asal Banyuwangi, Raih Medali Silver IMSO 2019

(707 Views) December 17, 2019 10:14 pm | Published by | No comment

Banyuwangi – Untuk kali pertama sepanjang sejarah, siswa SD asal Banyuwangi berhasil melaju ke ajang International Mathematics and Science Olympiad (IMSO). Pemecah rekor itu adalah Arkandaffa Arjakumara, siswa asal SDN 4 Penganjuran, Banyuwangi.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari sosok Arkandaffa Arjakumara, perilakunya pun tidak jauh berbeda dengan teman-teman sebayanya di SDN 4 Penganjuran. Bocah berusia 12 tahun ini sempat berlari-lari bersama satu teman laki-lakinya.

Dibalik itu, ternyata Arkandaffa telah berhasil menorehkan prestasi mentereng. Putra semata wayang pasangan Ardian Setiana Priadini dan Jatu Maynar, ini baru saja pulang dari Hanoi, Vietnam. Disana Arkandaffa mengikuti IMSO ke-16 tahun 2019 yang digeber pada 26 November hingga 1 Desember.

Lolos hingga IMSO saja sudah merupakan capaian moncer. Sebelum Arkandaffa, belum ada satu pun siswa SD asal Banyuwangi yang berhasil lolos ke olimpiade matematika dan sains internasional tersebut. Hebatnya lagi, pada kali pertama keikutsertaannya, siswa Banyuwangi ini berhasil meraih medali perak (silver).

Sekedar diketahui, kompetisi ini diikuti ratusan peserta asal 24 negara. Ada peserta yang berasal dari Amerika Serikat (AS), Bulgaria, Afrika Selatan (Afsel), Korea Selatan (Korsel), Mongolia , Arab Saudi, India, Malaysia, Singapura, dan lain-lain.

Pada ajang tersebut Daffa sapaan karib Arkandaffa berkompetisi pada kategori Sains. Dikatakan. Lomba ini terdiri dari dua tahap. Tahap satu seluruh peserta mengerjakan soal tertulis yang terdiri dari soal pilihan ganda dan uraian singkat. “Semua soal berbahasa Inggris,” ujarnya.

Selanjutnya, pada tahap kedua, peserta melakoni tes eksperimen biologi dan fisika. Di bidang biologi, peserta mengamati dan mengklasifikasi cangkang siput dan cangkang kerang.

“Sedangkan di bidang fisika, kami peserta mengukur tegangan listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu diode pancaran cahaya/Light Emitting Diode (LED) dengan warna yang berbeda-beda,” aku pelajar yang beralamat di Puri Citra Berlian, Kelurahan Kebalenan, Banyuwangi tersebut.

Daffa mengaku, sebelum berangkat ke Vietnam, dia mendapat pembinaan 4 tahap dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta. Masing-masing tahapan itu berlangsung selama sepekan.
Daffa menambahkan, dirinya sangat senang bisa berkompetisi pada ajang tersebut. Bukan hanya dapat mengasah kemampuan dan pengetahuan di bidang sains, dia senang ikut ajang itu lantaran mendapat teman-teman baru dari berbagai penjuru dunia.

“Senang dapat teman baru dari mancanegara,” akunya.

Jatu Maynar, ibunda Daffa menambahkan, putranya tersebut berangkat ke Hanoi bersama 24 anggota delegasi Indonesia di bawah naungan Kemendikbud. 12 peserta mengikuti kompetisi kategori Matematika dan 12 peserta lain mengikuti kompetisi Sains.

“Daffa adalah satu-satunya wakil dari Banyuwangi,” cetusnya.

Karena prestasi internasional tersebut, diapresiasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi dan dinobatkan sebagai Juara 1 Duta Pendidikan SD Banyuwangi Education Award tanggal 15 Desember 2019 di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi. Penobatan untuk Daffa ini untuk yang ketiga kalinya berturut-turut sejak 2017.

Sementara itu, Kepala SDN 4 Penganjuran Setyaningsih mengaku bangga salah satu siswa sekolah tersebut mampu mencatatkan prestasi internasional.

“Semoga ini menginspirasi siswa-siswa kami untuk meraih prestasi. Ini juga menjadi penyemangat kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi anak-anak didik kami,” pungkasnya.

ADS/BS

Categorised in: , ,

No comment for Arkandaffa Arjakumara, Peraih Medali Emas dan Best Overall Olimpiade Sains Nasional (OSN) Asal Banyuwangi, Raih Medali Silver IMSO 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment