Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Antusiasme Peserta Trajaba Luar Biasa, Banyuwangi Macet

Antusiasme Peserta Trajaba Luar Biasa, Banyuwangi Macet

(1135 Views) August 31, 2014 8:52 pm | Published by | No comment

Trajaba Banyuwangi

BANYUWANGI – Antusiasme peserta gerak jalan tradisional Jajag – Banyuwangi (Trajaba) tahun ini begitu luar biasa. Saking antusiasnya, jalan raya sepanjang Kecamatan Gambiran menuju Kota Banyuwangi dipenuhi  ribuan peserta gerak jalan. Seolah tak mau ketinggalan, di sepanjang tepian jalan para penonton juga berjubel. Praktis keduanya  menyebabkan kemacetan yang parah.

Ada yang menarik dalam kegiatan yang menutup peringatan HUT Kemerdekaan RI  ke-69 yang diselenggarakan pada hari Sabtu (30/8)  ini. Masyarakat tampak ikut berpartisipasi dengan cara menampilkan berbagai hiburan untuk  menyambut peserta gerak jalan yang melintas.  Ada pentas musik, kesenian barong, jaranan, dan hadrah. Bahkan rombongan Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dan Forpimda yang ikut berjalan mulai dari Kecamatan Gambiran hingga Cluring, disambut dengan tari Gandrung di SMPN 1 Cluring.

Peserta gerak jalan yang terdiri atas perorangan dan grup juga tak kalah meriah. Sebagian besar mengenakan pakaian bernuansa merah putih. Namun ada pula yang berkreasi dengan kostumnya yang unik-unik. Para peserta grup tampak mengenakan baju daerah sambil membawa obor. Ada pula yang membawa truk ber-soundsystem kencang membawakan lagu-lagu perjuangan. Meskipun hari memasuki malam, peserta grup masih semangat dan berjalan dengan formasi rapi.

Gerak jalan tradisional Jajag – Banyuwangi  merupakan tradisi rutin yang digelar untuk memperingati HUT RI. Rute yang ditentukan memiliki perbedaan jarak tempuh. Rute yang terberat dengan jarak 45 Km dimulai dari depan Kantor Kecamatan Gambiran. Rute sedang dengan jarak tempuh 17 km, start dari depan Balai Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi. Sedangkan rute ringan sejauh 8 km diawali  dari depan Wisma Atlet, GOR Tawang Alun. Ketiganya finish di depan Gesibu Blambangan.

Rute 45 km diikuti peserta beregu umum atau SLTA putra, dan peserta perorangan  putra/putri. Kategori 17 km diikuti peserta beregu tingkat SLTP, baik putra maupun putri. Selain itu juga peserta SLTA dan umum putri. Pada rute 8 km diikuti peserta tingkat SD baik putra maupun putri.

Ada 11 kategori yang dilombakan dalam event ini. Khusus SD baik putra maupun putri, juara yang diperebutkan mulai dari yang terbaik hingga juara harapan kedua. Sedangkan lainnya, masing-masing memperebutkan juara satu, dua dan tiga. Total hadiah yang diperebutkan berupa uang tunai senilai Rp 49 juta. (Humas & Protokol)

Categorised in: ,

No comment for Antusiasme Peserta Trajaba Luar Biasa, Banyuwangi Macet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*