Andai Saja Kawasan Kota Tua Banyuwangi Dihidupkan Lagi

3220 views
banner 468x60)

BANYUWANGI –  Tidak hanya destinasi wisata alam saja yang bisa dinikmati di Banyuwangi. Bumi Blambangan, ternyata juga miliki kawasan kota tua yang menyimpan sejarah masa lalu Banyuwangi. Kawasan kota tua ini ditandai dengan masih banyaknya gedung kuno yang dibangun dimasa kolonial.

Komunitas Sejarah Blambangan (Koseba) menjelaskan, kawasan kota tua Banyuwangi ada di sekitar gedung bersejarah Inggirisan. Disana terdapat sejumlah gedung bersejarah lainnya, seperti kantor pos, gedung djuang, rumah dinas Dandim dan Kapolres, SD Kepatihan, pendopo Sabha Swagatha. Dan gedung wanita yang bangunan aslinya sudah dipugar.

Kawasan kota tua  lainnya ada di sepanjang Jalan Jaksa Agung Suprapto. Disana masih banyak bangunan kuno peninggalan Belanda. Seperti Kantor Jamsostek, Pasturan, bekas kantor Pengadilan Negeri, rumah-rumah dinas dan rumah warga yang bangunannya berasitektur unieropa kuno.

“Ada pula pabrik gula Sukowidi, pabrik ini dibangun oleh Belanda tahun 1895,” ujar Ketua Koseba, Ika Ningtyas saat berbincang dengan sunriseofjava.com, Rabu (22/1/2014).

Sayangnya semua bangunan sejarah tersebut hingga saat ini belum ditetapkan secara resmi menjadi cagar budaya. Padahal bangunan di kawasan kota tua Banyuwangi menyimpan masa lalu Banyuwangi dan peradabannya saat itu. Dikhawatirkan keberadaan gedung bersejarah di kawasan kota tua ini akan menyusut seiring perkembangan jaman.

Kawasan kota tua sebagai warisan peradaban ini sangat mungkin menjadi daya tarik wisata sejarah di Banyuwangi, selain destinasi wisata alam yang ada. Koseba sebagai komunitas penggiat wisata beberapa kali menggelar wisata sejarah yang dibuka bagi masyarakat umum. Wisata ini selain sebagai upaya konservasi tempat bersejarah juga ditekankan pada nilai edukasi.

“Kita beberapa kali menggelar wisata ditempat-tempat bersejarah, seperti napak tilas menelusuri kota tua Banyuwangi beberapa waktu lalu,” tandas Ika. (SOJ-Ir)sunriseofjava.com

banner 468x60)

Related Post

banner 468x60)

Leave a reply

*