Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » POLITIK » Anas – Yusuf Menang Telak

Anas – Yusuf Menang Telak

(892 Views) December 10, 2015 11:53 am | Published by | No comment

Hasil Quick Count LSI

Banyuwangi, Memorandum – Hasil hitung cepat (Quick Count) yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Citra Publik Adv. (CPA), yang dirilis sekitar pukul 15.30 wib di Hotel Santika, pasangan incumbent Abdullah Azwar Anas – Yusuf Widyatmoko (Dahsyat) menang telak dengan perolehan suara mencapai 88,82 persen dari total suara sah pemilih pada Pemilukada yang digelar serentak, Rabu (9/12) kemarin. Berdasarkan data tersebut, pasangan Dahsyat dipastikan akan kembali memimpin Kabupaten Banyuwangi untuk periode 2016 – 2021 mendatang.

Directur CPA - LSI, Ade Mulyana memberikan penjelasan pada pers koalisi partai

Direktur CPA – LSI, Ade Mulyana memberikan penjelasan pada pers koalisi partai

Sebagaimana dipaparkan dihadapan puluhan wartawan, Quick Count dilakukan dengan mengambil 228 sampel TPS dari total 2.860 TPS yang tersebar secara proporsional dan diambil sampel secara acak di seluruh Kabupaten Banyuwangi. Data masuk mencapai 98,25 persen, dengan sampling error plus-minus 1 persen. Berdasarkan data tersebut, perolehan suara pasangan Dahsyat sebanyak 88.82 persen dan pasangan Su-Si sebanyak 11,18 persen. Data tersebut juga mengungkapkan bahwa tingkat partisipasi pemilih hanya sebesar 58,40 persen.

“Pasangan Petahana dengan slogan Dahsyat ini bisa dipastikan menjadi pemenang dalam Pemilukada Kabupaten Banyuwangi. Tentu hasil resminya adalah hasil rekapitulasi yang dilakukan KPUD nanti,” kata Direktur CPA-LSI, Ade Mulyana.

Meski hasil resmi masih harus menunggu rekapitulasi KPUD, menurut Ade Mulyana, dari pengalaman LSI-Network melakukan quick count sebanyak lebih dari 500 kali, hasilnya tidak pernah meleset. Jika dibandingkan dengan perhitungan akhir KPUD, hasil quick count LSI hanya selisih plus-minus 1 persen.

“Sebelum Pemilukada digelar, pasangan ini sudah jauh mengungguli kandidat lainnya. Dan dari survey terakhir per akhir Nopember 2015, Anas – Yusuf tetap berada di nomor urut pertama. Selama ini trend dukungan kepada Anas – Yusuf selalu konsisten. Selain itu, kepuasan terhadap kepemimpinan Anas – Yusuf pada periode sebelumnya dinilai sangat berhasil sehingga memberikan tingkat kepuasan yang tinggi,” kata Ade Mulyana.

Anas Banjir Ucapan Selamat Dari Elemen Masyarakat

Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko menerima ucapan dari beberapa tokoh politik Ketua dan Pengurus partai koalisi, PDI Perjuangan, PKB, Demokrat, PPP, Gerindra, PAN, PKS, sejumlah tokoh agama dan masyarakat di posko koalisi Jalan Kepiting Kelurahan Sobo, Rabo petang (9/12).

Abdullah Azwar Anas memantau quick count CPA - LSI di kantor

Abdullah Azwar Anas memantau quick count CPA – LSI di kantor

Fenomena itu, menjadi gambaran optimis dua pasangan incumbent itu bakal melanjutkan pembangunan Banyuwangi 2016-2021 setelah hasil penghitungan cepat CPA dan LSI memastikan kemenangan Anas-Yusuf  mencapai 88,9 persen dari pasangan Sumantri-Sigit.

Disela menemui wartawan, Anas mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada masyarakat Banyuwangi mau pun koalisi partai yang telah berkerja keras. Namun tetap penghitungan yang resmi KPU Banyuwangi akan dijadikan patokan utama. ‘Terimakasih, ini semua berkat kerja masyarakat yang terus menghendaki Banyuwangi lebih baik, dan juga kerja keras koalisi partai,” ungkapnya.

Sisi lain, Memorandum berkurangnya partipasi masyarakat hampri 41 persen lebih, versi CPA LSI penyebabnya banyak masyarakat yang menganggap tidak perlu datang karena optimis calonnya akan menang.

Terkait tingginya angka Golput itu, Anas menyatakan keengganan masyarakat untuk hadir ke TPS bisa jadi karena mereka merasa sudah tidak perlu lagi datang ke TPS karena calon yang akan dipilihnya sudah bisa dipastikan akan menang.

“Bisa jadi seperti itu. Padahal kalau mereka mau datang ke TPS, sebagaimana yang diprediksi oleh LSI perolehan suara kita bisa mencapai 90 persen,” kata Anas, yang ditemui Memorandum di Posko Pemenangan Dahsyat, Rabu (9/12) kemarin. (bud)

Sumber : Koran Harian Memorandum

MEMORANDUM

Categorised in:

No comment for Anas – Yusuf Menang Telak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*