Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » LAROS » Aksi Sepihak Tutup Jalan ke Pantai Bangsring Dilaporkan ke Polisi

Aksi Sepihak Tutup Jalan ke Pantai Bangsring Dilaporkan ke Polisi

(667 Views) August 23, 2016 3:19 pm | Published by | No comment
Jalan yang ditutup sebagian dengan cara ditanami batang kayu

Thorik, Kepala Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, didampingi kepala Dusun Krajan I dan Paras Gempal usai dimintai keterangan di Polres Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandum – Aksi penutupan jalan akses menuju pantai, di Dusun Krajan I RT 01 RW II, Desa Bangsring Kecamatan Wongsorejo dilaporkan ke Polres Banyuwangi. Pasalnya, penutupan jalan ini dianggap telah mematikan kehidupan ekonomi warga yang menggunakan jalan itu menuju pantai untuk mencari nafkah. Pihak Kepolisian pun sudah mulai meminta keterangan sejumlah saksi.

Salah satu saksi yang sudah dimintai keterangan oleh pihak Kepolisian adalah Plt. Kepala Desa Bangsring, Thorik. Pria ini datang ke Polres Banyuwangi sekitar pukul 11.00 WIB. Sekitar dua jam kemudian pria ini sudah keluar dari Polres Banyuwangi.

Kepada Memorandum Thorik menyatakan, dirinya dipanggil terkait laporan warga mengenai penutupan akses jalan menuju pantai di Dusun Krajan I. Pihaknya selaku pimpinan di Desa itu mengaku tidak mengetahui penutupan jalan tersebut. “Lokasinya di dalam jadi saya tidak tahu ada penutupan jalan,” jelasnya.

Berdasarkan informasi dari Kepala Dusun setempat, kata Thorik, penutupan itu kemungkinan sudah terjadi sejak dirinya belum menjabat sebagai Plt. Kepala Desa. Dia sendiri mengaku baru menjabat sebagai Plt. Kepala Desa sejak bulan April.

Lebih jauh dijelaskannya, pihak kepolisian juga menanyakan perihal kepemilikan lahan di lokasi penutupan jalan tersebut. Diapun sudah menjelaskan kalau tanah di Dusun tersebut seluruhnya milik  Divisi Navigasi (Disnav) Kelas I Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Setelah mengetahui persoalan ini pihaknya berencana memanggil para pihak yang terlibat masalah ini. Selain itu, dia bersama Babinsa dan Babinkamtibmas akan mengecek lokasi jalan yang ditutup tersebut. “Semua pihak akan saya kumpulkan untuk mencari solusi yang terbaik, jangan sampai ke ranah hukum,” jelasnya.

Persoalan ini di laporkan Nehanto, warga setempat melalui kuasa hukumnya Heru Musadan. Kasus ini dilaporkan pada 7 Juni 2016 lalu dengan terlapor SY (Suyanto) yang masih tetangga pelapor.

Heru Musadan menyatakan, jalur yang saat ini ditutup merupakan jalur satu-satunya menuju pantai yang digunakan kliennya dan nelayan yang lain membawa hasil tangkapan. Selain itu, banyak juga petani yang lahannya berada didekat pantai yang menggunakan jalan tersebut untuk membawa hasil panenan.

Dia tidak tahu apa sebabnya SY melakukan penutupan jalan dengan menanam batang kayu di tengah jalan tersebut. Sehingga jalan itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. “Ini merugikan klien kami dan nelayan lainnya karena hasil ikan tidak dapat didistribusikan dengan cepat sehingga kualitasnya menurun dan harganya ikut turun,” jelas Heru Musadan.

Sementara SY, belum berhasil dikonfirmasi terkait kasus penutupan jalan yang dilaporkan polisi itu. Bahkan Memorandum berusaha menghubungi via nomor telephone pribadinya di nomor, 085258514xxx, kondisi tidak aktif. (jai/coi)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for Aksi Sepihak Tutup Jalan ke Pantai Bangsring Dilaporkan ke Polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*