Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » BANYUWANGI FESTIVAL » Akhir Pekan Ini Banyuwangi Gelar 3 Festival, Mulai Kuliner Hingga Durian Banyuwangi

Akhir Pekan Ini Banyuwangi Gelar 3 Festival, Mulai Kuliner Hingga Durian Banyuwangi

(1230 Views) April 6, 2016 5:24 pm | Published by | No comment

Festival Sego Cawuk akan digelar Sabtu, 9 April 2016, mulai pukul 08.00 WIB di Taman Blambangan. Di festival ini, ratusan peserta yang berasal dari para penjual sego cawuk, koki hotel, dan restoran serta masyarakat umum berlomba menampilkan Sego Cawuk yang berselera. Hasil olahan Sego Cawuk ini nantinya akan dinilai oleh Chef Aiko. Aiko adalah salah satu koki host program kuliner yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta.

“Secara konsisten tiap tahun kami kenalkan kuliner khas Banyuwangi secara bergiliran, karena kuliner Banyuwangi ini sangat beragam. Dengan Festival Sego cawuk ini, kami mempromosikan makanan khas Banyuwangi. Semakin dikenal, tentu diharapkan penjual Sego cawuk kian kelarisan,” ujar Anas.

Selain festival kuliner, di lokasi yang sama juga akan digelar digelar pameran agro khas Banyuwangi. Bermacam produk unggulan hortikultura komoditas buah-buahan akan ditampilkan. Juga akan ditampilkan tanaman pangan seperti beras organik, agensi hayati, serta jagung, kedelai dan berbagai jenis umbi  juga akan mengisi festival ini. Termasuk berbagai jenis tanaman hias, tanaman biofarma dan sayuran dalam polybag seperti cabai merah, cabai kecil, tomat, terung, seledri, kobis, caisim dan brokoli.

Banyuwangi Agro Expo ini juga menggelar kontes durian eksotis Banyuwangi. Anas mengatakan, semua petani durian asli Banyuwangi akan mengikuti kontes ini, baik itu duriannya berwarna merah, oranye, atau putih kekuningan.

“Lewat kontes ini, kami ingin mencari plasma nutfah (substansi pembawa sifat keturunan dari tumbuhan yang belum direkayasa) dari durian asli Banyuwangi ini, sehingga ke depannya potensi pohon-pohon induk durian ini bisa dikembangkan,” kata Anas.

Bersama dengan dua festival tersebut, Art Week ini akan digelar 9 April sampai 16 April 2016, di sepanjang jalan Pangeran Diponegoro, depan Gesibu Blambangan, mulai pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Banyuwangi, Alief Kartiono, Banyuwangi Art Week merupakan atalase beragam produk kerajinan khas Banyuwangi dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM). Di antaranya kerajinan batik, bambu, logam, aksesoris, dan berbagai suvenir khas Banyuwangi.

“Atraksi ini akan dilakukan setiap malam. Mulai dari fashion on the street, hingga suguhan talent lokal,” kata Alief. (Humas)

Sumber | Banyuwangi Kab

Categorised in:

No comment for Akhir Pekan Ini Banyuwangi Gelar 3 Festival, Mulai Kuliner Hingga Durian Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*