Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali

Click to open Menus
Home » PERISTIWA » Ada Suara Gamelan Lancing Tanggung, Sebelum Peristiwa Tiga Anak Hilang di Pantai Alas Purwo

Ada Suara Gamelan Lancing Tanggung, Sebelum Peristiwa Tiga Anak Hilang di Pantai Alas Purwo

(668 Views) December 10, 2019 10:21 am | Published by | No comment

Warga taat pemeluk Hindu membantu pencarian dengan cara ritual. Ft. Siswanto/KabarRakyatID

KabarRakyat.ID – Mahrus Ali, seorang lelono asal Kabupaten Jember menetap di Kampung Sepuluh, Desa Kendalrejo, Kecamatan Tegaldlimo, masuk kawasan Alas Purwo, Banyuwangi (Taman Nasional Alas Purwo) ini bercerita tentang pengalaman mistik yang dialaminya, pada Sabtu malam, 7 Desember. Bahwa dipantai Trianggulasi mendengar suara alunan gemelan dengan judul Lancing Tanggung, versi Gandrung.

Pria paruh baya ini, mengaku mendengar suara gamelan, mulai pukul 21.00 sampai 01.00 wib. “Uniknya yang mendengar suara itu hanya kami dan rekan kami saja. Tetapi ditempat yang berbeda. Setelah itu pada, Minggu sekitar pukul 13.00 wib, ada kabar bahwa barat pantai Trianggulasi ada empat anak pelajar SMPN hilang terseret ombak. Namun satu orang anak berhasil diselamatkan oleh warga,” ungkap Mahrus Ali.

Selain itu, Mahrus Ali, bercerita dengan mata kepala sendiri, pernah melihat bekas telapak kaki raksasa membekas di pasir, pinggir pantai, yaitu barat Trianggulasi dengan ukuran telapak kaki empat meter.

Ditempat berbeda, lanjutnya, yaitu di Sumbergedang kawasan hutan Perhutani RPH Purwo, ada seorang lelono bernama Halim 65 tahun, biasa dipanggil Mbah Lim, asal kecamatan Srono mengatakan, “kedua anak yang belum ditemukan itu masih disembunyikan insyalloh hari ini bisa diketemukan”.

Wartawan KabarRakyatID bersama seorang lelono yang menetap di kawasan Alas Purwo.

Penjual kopi depan Pura Giri Selaka, bernama Yanto, menambahkan pada seminggu lalu sebelum ada kejadian anak hilang itu. Ada rombongan pelajar dari Rogojampi, tiba – tiba satu dari rombongan ada yang kerasukan. Setelah ditanya oleh Yanto anak yang kerasukan tersebut mengatakan bahwa dirinya itu mengaku bahwa dirinya bernama Ratu Kanjeng Rorokidul (penguasa laut selatan).

Setelah anak yang sama kerasukan lagi, kata Yanto, saat keadaan tidak sadar diri, roh halus penghuni kawasan angker itu, mengaku asisten pribadi penguasa laut selatan, Nyi Kanjeng Ratu Roro Kidul. Anak yang kerasukan, terang-terangan diminta untuk dijadikan pengawal Nyi Ratu Kanjeng Roro Kidul. Karena sulit disembuhkan, akhirnya anak yang kesurupan itu dibawa ke pura Kawitan untuk disembuhkan oleh Pratu Brande dan Yanto.

“Kejadian anak kesurupan itu berjalan 1 minggu persis, tepatnya di barat Trianggulasi ada kejadian anak hilang keseret ombak laut selatan. Sampai hari ini belum ditemukan hanya 1 anak bernama Rendi yang berhasil ditemukan. Muda – mudahan hari ini kedua anak yang keseret ombak tersebut bisa ditemukan,” tambahnya.

Reporter : Siswanto

Editor : Choiri

 

Categorised in:

No comment for Ada Suara Gamelan Lancing Tanggung, Sebelum Peristiwa Tiga Anak Hilang di Pantai Alas Purwo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

you MUST enable javascript to be able to comment