Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » ABK Jual-Beli Solar Mulai Diadili

ABK Jual-Beli Solar Mulai Diadili

(817 Views) April 19, 2016 10:30 am | Published by | No comment
Jpeg

Tiga terdakwa menjalani persidangan di pengadilan Negeri Banyuwangi

Banyuwangi, Memorandum – Kasus jual beli BBM jenis solar yang melibatkan kapal Tug Boat (TB) Fortuna Andre (FA) 03 dan Kapal Motor (KM) Sarana Sukses (SS) sudah memasuki tahap persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi . Agenda pemeriksaan pada sejumlah saksi dalam perkara ini.

Tiga terdakwa masing-masing Sony, (37), warga Blok Gudang – Gulangan, Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru, Cirebon; Sulistyono, (39), warga Dusun Krandang, Desa/Kecamatan Sawahan, Madiun dan Ahadiat Husaini, (32), warga Desa Grabagan, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo. Para pelaku didakwa dengan dakwaan berlapis.

Dakwaan pertama para terdakwa dianggap melanggar pasal 53 huruf d Undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak Dan Gas Bumi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sedangkan dakwaan kedua, terdakwa melanggar pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Terdakwa III menyetujuinya karena dia akan menalangi transaksi itu dengan uang pribadinya lebih dulu,” ujar Jaksa Penuntut Umum Budi Cahyono.

Diuraikan dalam persidangan. Ada kesepakatan harga beli BBM illegal, kapal TB Fortuna Andre 03 pun dirapatkan ke KM sarana Sukses yang sedang sandar di Pelabuhan Tanjungwangi. Kemudian proses pemindahan BBM dilakukan. Sedangkan pembayaran dilakukan sekitar pukul 19.00 WIB. Namun pembayaran baru sebesar Rp 19 juta. Sedangkan sisanya akan dibayar keesokan harinya.

Dalam persidangan yang dipimpin Achmad Rasjid itu, Ahadiat mengaku mempunyai ide tersebut karena terbentur biaya untuk sekolah peningkatan ijazah kelautan. Dia mengaku jika transaksi itu berhasil dirinya mendapatkan laba sebesar Rp 4 juta. “Itu keuntungan saya sendiri dari selisih harga,” aku pria yang saat itu tercatat sebagai AKB kapal TB Wonokromo.

Untuk Nahkoda Kapal KM Sarana Sukses Mus Mulyadi Marjuni dan KKM KM Sarana Sukses Abdul Hafid Fajar dilakukan tuntutan secara terpisah.(jai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for ABK Jual-Beli Solar Mulai Diadili

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*