Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » KRIMINAL » 7 Tambang Galian C Tak Berizin Disegel

7 Tambang Galian C Tak Berizin Disegel

(308 Views) May 13, 2017 12:52 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, Memorandum – Sedikitnya 7 tambang galian C illegal di pasangi police line (garis Polisi). Ketujuh tambang tersebut kini tengah dalam pengawasan pihak Kepolisian. Kasusnya tengah dalam penyidikan. Pemiliknya berpotensi menjadi tersangka karena melakukan aktivitas penambangan tanpa izin yang lengkap.

Kasat  Reskrim Polres Banyuwangi, AKP Dewa  Putu Prima Yogantara Parsana menyatakan, 7 tambang galian C yang dipasang garis Polisi itu tersebar di wilayah Kecamatan Kabat, Singojuruh dan Wongsorejo. “Sebagian penambang hanya punya izin WIUP tapi belum ada izin eksploitasi,” kata Dewa.

Menurutnya, untuk mendapatkan izin eksploitasi, penambang harus memberikan jaminan berupa uang untuk reklamasi. Jaminan reklamasi inilah yang menjadi poin penting mengapa  tambang galian C harus memiliki izin eksploitasi.

Dewa menyebut, selama ini banyak tambang galianb C yang tidak direklamasi. Kondisi ini dikhawatirkan dapat merusak alam. Jika dibiarkan tanpa  direklamasi ditakutkan bisa mengakibatkan bencana alam. “Oleh karena itulah  kami melakukan  tindakan  dengan melakukan penyelidikan pada  7 tambang galian C tersebut,” tegasnya.

Ketujuh tambang galian C itu  menurutnya sudah dipasang garis polisi termasuk juga alat berat yang ada di lokasi. Satu dari pemilik tambang itu adalah Faiq sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sempat ditahan Polisi. Faiq ditahan karena nekat menggunakan  alat  berat untuk kembali menambang. Padahal lokasi tambang dan alat berat sudah dipasang garis Polisi.

Untuk 6 pemilik tambang galian C yang lain menurutnya berpotensi menjadi tersangka. Sebab mereka tidak memiliki izin eksploitasi. “Kami masih minta keterangan P2T (Pelayanan Perizinan Terpadu) dan SDM di Propinsi (Jawa Timur) baru yang bersangkutan ditetapkan jadi tersangka,” ujarnya.

Langkah Polisi melakukan penyelidikan kasus  ini didasarkan pada laporan masyarakat. Warga melaporkan ada pelaku tambang  yang tidak melakukan reklamasi. “Ada juga warga yang melaporkan aktivitas itu menggangu masyarakat, rumah jadi kotor dan jalan rusak,” pungkasnya. (jai/bud)

Sumber | Surat Kabar Harian Memorandum

Categorised in:

No comment for 7 Tambang Galian C Tak Berizin Disegel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*