Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » 5 Wisata Favorit di Banyuwangi

5 Wisata Favorit di Banyuwangi

(241 Views) August 2, 2018 12:10 pm | Published by | No comment

Banyuwangi, kabupaten yang terletak diujung timur pulau Jawa ini merupakan penghubung antara pulau Jawa dengan pulau Bali. Selain kaya akan tradisi, kota dengan julukan The Sun Rise of Java ini juga kaya akan berbagai macam destinasi wisata yang tak kalah indah dengan daerah lainnya. Berikut 5 destinasi wisata favorit pilihan infobanyuwangi.com.

  1. Gunung Ijen

Lokasi: Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi

Gunung Ijen adalah salah satu yang memiliki pemandangan paling menakjubkan.

Di puncak gunung setinggi 2.443 meter di atas permukaan laut tersebut terdapat danau kaldera dengan kandungan air sangat asam terbesar di dunia, Kawah Ijen. Danau besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang tentu sangat memesona untuk dilihat.

Saat terbaik mengunjungi Kawah Ijen adalah di pagi hari untuk menyaksikan matahari terbit. Anda pun bisa melihat para penambang belerang yang bekerja secara tradisional dengan peralatan sederhana.

Untuk menuju Kawah Ijen, Anda harus menyusuri jalan setapak menyusuri tebing kaldera. Jangan lupa membawa penutup hidup karena kadang asap belerang tertiup angin melewati jalur tersebut. Anda juga dapat mengelilingi kaldera di kawasan ini yang memakan waktu mencapai 8 hingga 10 jam berjalan kaki.

Jika ingin memuaskan hasrat bertualang, Anda dapat berangkat dari malam hari dengan ditemani pemandu. Dan begitu mencapai kawah, nikmatilah fenomena alami berupa api biru.

 

  1. Pulau Tabuhan

Lokasi: Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi

Pulau Kecil ini menawarkan keindahan alam yang begitu memesona dengan hamparan pasir putih dan air bening dengan gradasi nan indah di sepanjang pantainya. Dinamakan Pulau Tabuhan, karena angin yang berhembus di sini sayup-sayup terdengar seperti tetabuhan musik.

Karena anginnya juga, pulau ini dikenal sebagai destinasi favorit para penggemar aktivitas kite-boarding (selancar layang) atau windsurfing (selancar angin). Bahkan tempat ini pernah jadi lokasi event kitesurfing bertaraf internasional!

Kawasan Pulau Tabuhan yang dikaruniai terumbu karang dan ikan berwarna-warni juga jadi tempat yang ideal untuk snorkeling.

 

  1. Pantai Plengkung (G-Land)

Lokasi: Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi.

Inilah pantai di Banyuwangi yang popularitasnya sudah mendunia. Tak heran, karena pantai berpasir putih yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya termasuk salah satu dari 7 ombak terbaik di dunia!

Kalau ingin berselancar, waktu terbaik mengunjungi pantai yang juga dijuluki dengan naman G-Land ini adalah antara bulan Juli-September, karena tinggi ombak bisa mencapai 6-8 meter.

 

  1. De Djawatan Benculuk

Lokasi: Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

Pada tahun 1952, tempat  ini sebetulnya bukan dibangun untuk tempat wisata, melainkan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

Namun keberadaan pohon-pohon trembesi yang rindang dan menjulang tinggi menciptakan sebuah pemandangan nan eksotis sekaligus misterius, sehingga banyak orang yang datang ke sini untuk menikmati pesonanya.

Kalau Anda hobi hunting foto, maka saat yang paling tepat ialah di sore hari ketika sinar matahari menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan sehingga tampak begitu magis

Tak heran jika di sore hari, kawasan ini kerap dikunjungi warga untuk bersantai menikmati udara segar, bersepeda, berolahraga, atau bahkan melakukan foto pre-wedding!

 

  1. Pulau Merah

Lokasi : Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Pulau Merah pada mulanya memiliki nama Pantai Ringin Pitu. Konon, pantai ini berubah nama menjadi Pulau Merah karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter yang berada di tengah pantai ini. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.

Selain itu, perpaduan kejernihan airnya yang seperti kristal dengan pasir putihnya yang menghampar sejauh 3 km, tentu menjadi nilai plus bagi tempat wisata ini. Ketika air laut surut, para pengunjung dapat berjalan kaki menikmati pulau kecil yang berada di tengah pantai ini.

 

infobanyuwangi.com

 

 

Categorised in:

No comment for 5 Wisata Favorit di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*