Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PEMERINTAHAN » 4 Raperda Tunggu Fasilitasi Gubernur

4 Raperda Tunggu Fasilitasi Gubernur

(568 Views) December 14, 2016 8:02 pm | Published by | No comment

H. Husnan Abadi

Banyuwangi, Memorandum – Dari sembilan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang kini tengah dibahas DPRD Kabupaten Banyuwangi. Empat Raperda, pembahasannya masuk tahap finalisasi antara lain, Raperda Desa Wisata, Raperda Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas, Raperda Pedoman Pembentukan Badan Permusyawaratan Desa dan Raperda tentang Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Kabupaten Banyuwangi.

Namun DPRD Banyuwangi belum dapat melakukan pengesahan ke 4 ( empat) Raperda tersebut,karena menunggu hasil fasilitasi dari Gubernur Jawa Timur, sesuai dengan Permendagri No. 80 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Banyuwangi, H.Khusnan Abadi mengatakan, beberapa Raperda yang telah dilakukan finalisasi, saat ini sudah berada di Bagian Hukum Pemkab.Banyuwangi untuk segera difasilitasi ke Pemprop Jawa Timur.

“ Meski sudah finalisasi, Raperda tidak bisa langsung disahkan sebelum fasilitasi ke Gubernur Jawa Timur” Ucap H,Khusnan Abadi saat ditemui Memorandum, Selasa (13/12/2016) di Ruang kerjanya.

Karena itu, pihaknya berharap kepada Bagian Hukum Pemkab. Banyuwangi untuk lebih proaktif, agar Pemerintah Propinsi Jawa Timur segera melakukan fasilitasi Raperda, sehingga empat Raperda yang telah finalisasi segera disahkan menjadi Peraturan Daerah.

Khusnan menambahkan, fasilitasi atau konsultasi itu merupakan proses yang harus dilalui, sebelum Raperda tersebut ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. Fasilitasi Raperda ke Gubernur, dalam rangka memberikan pedoman petunjuk teknis, arahan dan bimbingan teknis, sepervisi serta monitoring Gubernur terhadap materi yang dimuat dalam Raperda.

“ Fasilitasi itu hampir sama dengan evaluasi” pungkas Khusnan Abadi. (ydi)

Sumber | skhmemorandum.com

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for 4 Raperda Tunggu Fasilitasi Gubernur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*