February 22, 2018

Wisata Edukasi Kopi Robusta di Café & Rest Area Gumitir diLounching PTPN XII

Wisata Edukasi OK

Kegiatan Wisata Edukasi Perkebunan PTPN XII Mrawan diikuti Murid TK dan SD. Menarik jadi alternative kunjungan wisata keluarga mau pun berkelompok

Banyuwangi, Memorandum – Perseroan Terbatas Perkebunan Nasional (PTPN) XII Mrawan yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Jember, melaunching perdana Wisata Edukasi Kopi Robusta kepada murid Taman Kanak-kanak Indria Mrawan dan murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Sidomulyo di Café & Rest Area Gumitir, Jumat (13/5) kemarin.

Pemandu Wisata Edukasi Kopi Robusta yang diasuh PTPN XII, terlihat akrab mengajak semua murid TK dan SD yang hadir untuk belajar langsung dilapangan (perkebunan). Mereka mendapat penjelasan tentang budi daya kopi, dan dikenalkan secara dekat tetang bibit kopi unggulan jenis Robusta berikut sejarah tanaman kopi masuk ke Indonesia.  PTPN XII Mrawan juga membudidaya tanaman kopi jenis lainnya, seperti Kopi Luwak dan Kopi Lanang, serta proses singkat pengelolaan kopi Robusta dari pemilahan biji hingga siap saji.

“Anak-anak pelajar juga diberi penjelasan tentang manfaat dan efek samping apabila minum kopi. Tapi yang tidak kalah menariknya dari pendidikan non formal  terhadap anak usia dini juga dikenalkan tentang sejarah Terowongan Mrawan Peninggalan Jaman Belanda yang kini masih aktif dimanfaatkan jalur transportasi Kereta Api Indonesia (KAI), serta Pabrik Kopi Gumitir,” ungkap pemandu wisata dari PTPN XII Mrawan, Jum’at (13/5).

Kepala Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Indria Mrawan, Ibu Asih menanggapi tentang lounching perdana Wisata Edukasi Kopi Robusta di Café & Rest Area Gumitir yang digagas PTPN XII Mrawan mengatakan, edukasi tentang alam dan perkebunan terhadap murid siswa terutama pada anak usia dini sangtlah perlu. Selain murid bisa melihat langsung terhadap lingkungan yang ada, dan mereka langsung belajar menyatu dengan praktek langsung tentang bagaimana budi daya kopi Robusta yang sebenarnya. Bahkan hasil perkebunan PTPN XII lain, seperti tanaman Kakao, Karet dan The juga diberikan penjelasan oleh pemandu wisata yang sudah memiliki bekal edukasi tentang kebun. “Dengan cara yang akrab, murid akhirnya tahu kopi masuk di Indonesia berasal dari negeri Afrika tepatnya di Etiopia sekitar 300 tahun yang lalu,” ujar Asih.

Menejer PTPN XII  Mrawan Ary Ristiyanto, yang hadir dalam lounching Wisata Edukasi yang dipusatkan di Café & Rest Area Gumitir mejelaskan, tujuan dari lounching perdana Edukasi Wisata kopi Robusta, adalah untuk mendidik dan menambah pengetahuan kepada murid pelajar dari semua tingkatan, TK, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK dan Perguruan tinggi.”Potensi yang ada disini kita kembangkan untuk menambah pengetahuan. Harapan kami kedepan edukasi ini, bisa menjadi kurikulum di semua pendidikan. Edukasi yang kita kembangkan ini ada dua paket yaitu Paket Komplit dan Paket Wisata Edukasi dengan tarif yang berbeda,” ungkapnya.

Sekedar tahu, Gunung Gumitir (dialek Jawa: gumitèr) merupakan sebuah gunung yang terletak di wilayah perbatasan antara Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi, lebih tepatnya antara kecamatan Silo dengan kecamatan Kalibaru, Jatim.(fai)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

banner 468x60