Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PENDIDIKAN » USAID Akan Latih Pendidik di Banyuwangi

USAID Akan Latih Pendidik di Banyuwangi

(811 Views) January 14, 2015 4:56 pm | Published by | No comment

BANYUWANGI  –  USAID Prioritas bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Blambangan. Melalui USAID Prioritas para guru akan dilatih untuk memberikan pelatihan kepada para guru agar bisa mengajar dengan lebih aktif, efektif dan merangsang kreatifitas anak.

USAID Prioritas merupakan program lima tahun yang dikembangkan USAID dan pemerintah Indonesia dari program Decentralized Basic Education untuk meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas.

Koordinator USAID Prioritas Jawa Timur, Mark Heyward mengungkapkan USAID Prioritas bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Banyuwangi. “Kerjasama yang kami lakukan lebih fokus  memberikan pembekalan dan pelatihan guru serta manajemen sekolah.  Guru akan dibekali cara bagaimana mengajar yang bisa membuat murid lebih aktif dan kreatif,suasana kelas yang menyenangkan sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif, “ kata Mark Heyward saat acara sosialisasi program USAID Prioritas di aula Rempeg Jogopati, Selasa (13/1).

Mark melanjutkan sasaran dari kerjasama ini adalah insan pendidikan di tingkat sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan sekolah menengah pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Yang terdiri atas guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. “Kami lebih fokus memberikan pembekalan dan pelatihan,” cetus Mark.

Mark melanjutkan,  untuk sekolah dasar akan ada 16-18 sekolah yang dipilih untuk mengikuti pelatihan. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs sebanyak 8 sekolah. “Sekolah-sekolah ini akan menjadi sasaran inti, nantinya kami mengharapkan pemerintah kabupaten bisa melanjutkan program ini ke semua sekolah tingkat dasar di seluruh Banyuwangi,” ujar Mark.

Sebagai langkah awal, USAID Prioritas juga akan menyiapkan fasilitator dari daerah. Fasilitator inilah  yang akan dilibatkan dalam proses pelatihan. Nantinya, seusai pelatihan, para guru, kepala sekolah dan pengawas akan mendapatkan pendampingan dalam implementasi program kepada murid. “Program ini akan dilaksanakan secara kontinyu selama 5 tahun ke depan. Banyak pelatihan, baik SDM maupun manajerial yang berbasis peningkatan mutu pendidikan di sekolah yang akan kita jalankan melalui program ini,” tuturnya.

Mark pun menyampaikan jika kegiatan ini bukan pertama kalinya dilaksanakan, sebab program ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan program tahap pertama yang telah digelar sebelumnya di Provinsi Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Banyuwangi.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas berharap dengan adanya pelatihan dari program ini, para guru memiliki motivasi lebih dalam  mendidik para siswanya. “Saya harap guru bisa mendapat manfaat lebih untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Bupati Anas.

Bupati juga berpesan agar para guru tidak terbatas  hanya mengajar di kelas tapi juga bisa mendampingi siswa di lingkungan sosialnya. ”Kunci keberhasilan pendidikan adalah pendekatan belajar yang lebih intens dan mampu mendorong anak lebih mandiri. Memang dibutuhkan tekad kuat dan niat ikhlas dari para guru untuk mewujudkan pendidikan yang seutuhnya,” pungkas Bupati. (Humas Protokol)

Categorised in:

No comment for USAID Akan Latih Pendidik di Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*