Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » EKONOMI » UKM Bordir Gambor Keluhkan Pasar Sepi

UKM Bordir Gambor Keluhkan Pasar Sepi

(561 Views) May 27, 2016 9:58 am | Published by | No comment
UKM Bordir Banyuwangi

Suyitno, pengusaha Bordir

Banyuwangi, Memorandum – Sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh sudah empat bulan tidak produksi, dikarenakan  lemahnya pasar serta berkurangnya peminat membuat para pengusaha mengangur dan ada pula yang banting setir memilih keperuntungan lain untuk sekedar mencukupi keseharian.

Seperti yang diungkapakan Suyitno selaku pengusaha bordir di Desa Gambor Kecamatan Singojuruh, ia mengaku kerepotan menggaji pegawainya lantaran sepinya pasar. Sedangkan mangsa pasar dan pengepul terbesar yang berada di Kabupaten Denpasar, Bali selama empat bulan ini terakhir ini pengiriman kain yang hendak di Bordir mulai merosot drastis.

Biasanya, ia bisa mendapatkan 800 lembar kain per bulan dari pengepul dikirim dua minggu sekali, selanjutnya ia beserta 200 pegawainya mampu memproduksi kain bordir yang sudah didesain sebanyak 400 lembar kain per bualnnya. “Dari sekian banyak kain yang diproduksi, bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp. 7 Juta dari harga Rp. 250 ribu perlembaranya, sekarang hanya untung dikisaran Rp. 1 Juta perbulan lantaran sepinya pembeli,” terang Suyitno.

Sebelumnya, permintaan kain bordir di bulan-bulan sebelum sepi sangatlah ramai dan terus menerus kebanjiran order, utamanya dari permintaan kain bordir yang bermotif baru untuk keperluan ibadah umat hindu di Bali. Sepinya pembeli tersebut, memunculkan berbagai pertanyaan dikalangan pengusaha, dari curangnya sales hingga dampak musibah kebakaran pasar yang ada di Denpasar, Bali.  Diharpakan Pemerintah dapat membantu serta mencarikan solusi agar usaha bordir di Desa Gambor dapat kembali produksi.  (fat)

Sumber | Koran Harian Memorandum

Koran Harian Memorandum 2016

Categorised in:

No comment for UKM Bordir Gambor Keluhkan Pasar Sepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*