Banyuwangi The Sunrise Of Java || Kota Festival || Jelajahi Banyuwangi, Anda Pasti Ingin Kembali
Menu Click to open Menus
Home » PARIWISATA » Teluk Batu, Jejak Dahsyatnya Tsunami Laut Selatan

Teluk Batu, Jejak Dahsyatnya Tsunami Laut Selatan

(1911 Views) August 8, 2014 9:18 am | Published by | No comment

pantai batuBANYUWANGI – Teluk Batu, teluk dengan garis pantai 200 meter ini begitu unik dibanding teluk lainnya yang ada di Banyuwangi. Jika pantai di teluk lainnya berpasir putih atau hitam, di pantai teluk ini justru penuh dengan batu kali. Kondisi pantainya pun masih terbilang perawan!.

Letak Teluk Batu ini bertetangga dengan Teluk Ijo, persis berada disebelah timurnya. Wisatawan yang ingin ke Teluk Ijo melalui jalur darat dipastikan akan melewati Teluk Batu. Meski kalah cantik dengan Teluk Ijo, namun siapapun yang melewati Teluk Batu akan dibuat bertanya-tanya bagaimana bisa sepanjang pantai hanya ada bebatuan tanpa adanya pasir.

Asal muasal batu-batu kali ini seolah sebuah misteri. Dari sekian pantai yang ada di Banyuwangi, hanya pantai Teluk Batu yang dipenuhi dengan hamparan batu kali. Nyaris tidak terlihat pasir disepanjang pantainya. Yang ada hamparan batu kali yang permukaannya halus.

Rupanya batu-batu kali di pantai Teluk Batu menyimpan sejarah buruk dimasa lalu. Dahulu pantai Teluk Batu disebut pantai Teluk Damai. Namun namanya berubah setelah kawasan pantai selatan Banyuwangi diterjang tsunami pada 1994 silam, termasuk pantai Teluk Damai.

Diperkirakan batu-batu tersebut terbawa gelombang tsunami dari dasar laut ke pantai. Uniknya batu-batu yang ada tersusun dengan rapi sepanjang pantai. Batu-batunya pun banyak menyerupai benda lainnya dan nyaris persisi. Semisal batu oval menyurapai telur, lembaran buku dan alat penumbuk.

Namun pengunjung atau wisatawan yang datang dilarang untuk membawa pulang batu-batu tersebut. Ini karena pantai Teluk Batu masuk kawasan konservasi Taman Nasional Meru Betiri. Wisatawan hanya boleh mengambil gambarnya saja. sunriseofjava

Categorised in:

No comment for Teluk Batu, Jejak Dahsyatnya Tsunami Laut Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*